Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/97590
Title: Peranan Room Attendant dalam Pelayanan Tamu di Hotel Dafam Lotus Jember
Authors: NUGROHO, Margaretta Andini
JAKIM, David Ahmad
Keywords: ROOM ATTENDANT
PELAYANAN TAMU
Issue Date: 30-May-2019
Publisher: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
Abstract: Hotel Dafam Lotus Jember, hotel berstandar internasional berbintang tiga dengan fasilitas bintang empat yang berlokasi di Jl Gatot Subroto No. 47, Jember. Dalam hal ini penulis melaksanakan praktek kerja nyata di Hotel Dafam Lotus Jember di salah satu departemen yaitu housekeeping sebagai room attendant. Tujuan pelaksanaan praktik kerja nyata di Hotel Dafam lotus Jember yang dilaksanakan pada tanggal 8 Januari 2018 hingga 7 Juni 2018 adalah untuk mengetahui job description room attendant dalam pelayanan tamu di Hotel Dafam Lotus Jember dan memberikan manfaat bagi mahasiswa, Universitas dan perusahaan. Metode pengumpulan data yang digunakan penulis yaitu wawancara, observasi dan studi pustaka. Room attendant memiliki suatu tugas secara langsung dengan masalah kamar pada suatu hotel. Dalam menjaga mutu pelayanan di Hotel Dafam Lotus setiap room attendant memiliki tiga shift kerja yaitu morning shift, evening shift dan night shift yang memiliki beban pekerjaan yang berbeda dalam setiap shift guna mewujudkan pelayanan secara maksimal terhadap tamu selama menginap di hotel. Seorang room attendant diituntut agar memiliki pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dalam membersihkan kamar, melengkapi kamar dan menata kamar. Selama Praktek Kerja Nyata penulis bertanggung jawab atas job description yang telah diberikan dan melaksanakan SOP yang berlaku di Hotel Dafam Jember guna mewujudkan kenyaman dan kepuasan pada tamu. Oleh karena itu, peran room Attendant dalam melaksakan tugas dan kewajibannya harus memperhatikan SOP yang berlaku. Setiap job description memiliki SOP yang berbeda beda seperti bagaimana mempersiapkan diri sebelum membersihkan kamar, mepersiapkan peralatan yang akan digunankan sebelum membersihkan kamar, dan mengerti tahapan yang dilakukan dalam proses membersihkan kamar vacant dirty atau occupied dirty dan proses setelah pembersihan kamar. Hasil penulisan ini menunjukan bahwa room attendant mempunyai peran yang sangat penting dalam pelayanan pembersihan kamar dengan memperhatikan SOP yang berlaku di Hotel Dafam Lotus dan dilakukan secara maksimal guna mewujudkan kepuasan dan kenyamanan terhadap tamu.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/97590
Appears in Collections:UT-Faculty of Social and Political Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
David Ahmad Jakim-140903102040.pdf1.3 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools