Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/97564
Title: Penentuan Aktivitas Antioksidan dan Antidiabetes Ekstrak Daun Trenggulun (Protium javanicum Burm.F) Secara In Vitro
Authors: WULANDARI, Lestyo
NIHAYAH, Ainun
NUGRAHA, Ari Satia
Keywords: Trenggulun
Antioksidan
Anti-diabetes
Issue Date: 27-Jul-2019
Publisher: UPT Penerbitan & Percetakan Universitas Jember
Abstract: Trenggulun (Protium javanicum Burm.f) merupakan tanaman pohon dengan famili Bursaceae, yang banyak terdapat di Jawa. Tujuan penelitian ini adalah penentuan aktivitas antioksidan dan antidiabetes daun Trenggulun. Daun diekstraksi menggunakan metanol dan etil asetat kemudian ekstrak dievaluasi aktivitas antioksidan menggunakan metode DPPH dan aktivitas antidiabetes menggunakan metode penghambatan alfa amilase. Kekuatan aktivitas antioksidan dan antidiabetes dapat dilihat dari nilai IC50 yang diperoleh. Nilai IC50 aktivitas antioksidan ekstrak metanol dan etil asetat adalah 9.80 dan 118.68 µg/mL, sedangkan nilai IC50 aktivitas penghambatan alfa amilase ekstrak metanol dan ekstrak etil asetat adalah 539.83 dan 2397.84 µg/mL.
Description: PROSIDING RAKERDA, SEMINAR, PRESENTASI ILMIAH/POSTER DAN PELATIHAN 2019 “Peningkatan Profesionalisme dalam Menjalankan Praktik Kefarmasian di Era 4.0”
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/97564
Appears in Collections:LSP-Conference Proceeding

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
F. Farmasi_Prosiding_Lestyo Wulandari_Penentuan Aktivitas Antioksidan dan Antidiabetes.pdf2.07 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.