Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/97563
Title: Eksplorasi Pengetahuan Suku Tengger Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan tentang Tumbuhan Obat untuk Pengobatan Demam Balita
Authors: NINGSIH, Indah Yulia
SAKINAH, Putri
PRATAMA, Antonius Nugraha Widhi
Keywords: Tumbuhan Obat
Demam Balita
Suku Tengger
Tosari
Issue Date: 27-Jul-2019
Publisher: UPT Penerbitan & Percetakan Universitas Jember
Abstract: Pengetahuan tradisional masyarakat Suku Tengger di Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan terhadap tumbuhan obat telah diturunkan dari generasi ke generasi, khususnya untuk mengobati demam pada balita. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengobatan tradisional dan verifikasi kebenaran pemanfaatan tumbuhan obat yang telah diinventarisasi sebelumnya dalam pengobatan demam pada balita di Desa Tosari, Desa Wonokitri, Desa Podokoyo, dan Desa Ngadiwono, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dan metode kuantitatif dengan menggunakan teknik pengambilan sampel, yakni snowball sampling melalui wawancara semi-struktural menggunakan media kuisioner. Data dianalisis dengan parameter Informants Consensus Factor (ICF), Fidelity Level (FL), dan Direct Matrix Ranking (DMR). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 13 jenis tumbuhan dalam 25 resep tradisional yang berasal dari 34 informan. Bagian tumbuhan yang paling banyak digunakan adalah daun (57%), cara pembuatan ramuan yang terbanyak adalah ditumbuk (77%), dan cara penggunaan paling banyak adalah dengan dioleskan ke seluruh tubuh (69%). Berdasarkan nilai ICF (0,64), FL (91,2%), dan DMR yang tertinggi diketahui bahwa dringu (Acorus calamus) dianggap paling penting oleh Suku Tengger untuk mengobati demam pada balita. Pada penelitian ini, 10 jenis tumbuhan telah terverifikasi digunakan untuk pengobatan demam di Kecamatan Tosari.
Description: PROSIDING RAKERDA, SEMINAR, PRESENTASI ILMIAH/POSTER DAN PELATIHAN 2019 “Peningkatan Profesionalisme dalam Menjalankan Praktik Kefarmasian di Era 4.0”
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/97563
Appears in Collections:LSP-Conference Proceeding

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
F. Farmasi_Prosiding_Indah Yulia N_Eksplorasi Pengetahuan Suku Tengger Kecamatan Tosari.pdf2.07 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.