Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/97553
Title: Literasi Matematika Berdasarkan Kemampuan Matematika Siswa Kelas VI SDN Jember Lor 05
Authors: SUGIARTI, Titik
ALFARISI, Ridho
AENI, Dwi Nur
Keywords: Kemampuan Matematika
Literasi
Matematika
Issue Date: 2020
Series/Report no.: 1602010204050;
Abstract: Literasi matematika adalah kemampuan seseorang dalam merumuskan, menerapkan, dan menafsirkan matematika dalam bermacam konteks. Dalam hal ini termasuk kemampuan dalam bernalar secara matematis, menggunakan konsep, fakta, dan prosedur. Diketahui pada saat observasi bahwa literasi matematika siswa kelas VI SDN Jember Lor 05 masih rendah. Hal ini berkaitan pula dengan kemampuan matematika siswa yang berbeda-beda. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengetahui apakah memang benar literasi matematika siswa kelas VI SDN Jember Lor 05 tergolong rendah. Penelitian yang akan dilakukan terkait dengan literasi matematika siswa dalam hal merumuskan masalah, menerapkan konsep, dan menafsirkan hasil penyelesaian matematika yang ditinjau dari kemampuan matematika rendah, sedang, dan tinggi. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan literasi matematika berdasarkan kemampuan matematika siswa. Penelitian ini dilakukan di SDN Jember Lor 05, dengan subjek penelitian 37 siswa kelas VI. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data deskriptif. Berdasarkan hasil tes kemampuan matematika dari 37 siswa terdapat 5 siswa (13,5%) berkemampuan matematika rendah, terdapat 27 siswa (73%) berkemampuan matematika sedang, dan 5 siswa (13,5%) berkemampuan matematika tinggi. Hasil analisis data tes literasi matematika siswa menunjukkan bahwa terdapat kecenderungan yang terlihat pada siswa berkemampuan matematika rendah, sedang, dan tinggi dalam menyelesaikan soal literasi matematika. Siswa berkemampuan matematika rendah, literasi matematika siswa juga cenderung rendah. Siswa berkemampuan matematika rendah memiliki kecenderungan tidak menuliskan dengan lengkap dan benar tentang apa yang diketahui dan ditanyakan dari soal. Siswa belum mampu merumuskan masalah ke dalam model matematika serta tidak menuliskan langkah-langkah penyelesaian secara runtut. Siswa menyelesaikan soal dengan benar untuk soal pertama meskipun tidak dapat menjelaskan konsep apa yang digunakan, sedangkan untuk soal kedua dan ketiga tidak dapat menyelesaikan permasalahan yang diberikan. Siswa tidak menafsirkan hasil penyelesaian dan tidak menyimpulkan hasil penyelesaian masalah yang paling tepat. Siswa berkemampuan matematika sedang, cenderung memiliki literasi matematika yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang berkemampuan matematika rendah. Siswa berkemampuan matematika sedang memiliki kecenderungan untuk menuliskan tentang apa yang diketahui dan ditanyakan dari soal. Siswa mampu merumuskan masalah kedalam model matematika namun terdapat beberapa siswa yang tidak menuliskan langkah-langkah penyelesaian secara runtut. Siswa menyelesaikan soal dengan benar tetapi terdapat penggunaan konsep matematika yang kurang tepat. Siswa tidak menafsirkan hasil penyelesaian dan tidak menyimpulkan hasil penyelesaian masalah yang paling tepat. Siswa berkemampuan matematika tinggi, cenderung memiliki literasi matematika yang tinggi pula. Siswa berkemampuan matematika tinggi memiliki kecenderungan menuliskan secara benar dan tepat tentang apa yang diketahui dan ditanyakan dari soal. Siswa merumuskan masalah ke dalam model matematika. Siswa mampu merancang strategi penyelesaian permasalahan secara runtut, menggunakan konsep matematika, dan menyelesaikan soal dengan tepat. Siswa mampu menafsirkan hasil penyelesaian dan menyimpulkan hasil penyelesaian masalah yang paling tepat. Adapun saran agar penelitian ini dapat bermanfaat yaitu bagi guru, diharapkan untuk membiasakan siswa mengerjakan soal literasi matematika atau soal HOTS yang membutuhkan penalaran tinggi. Bagi peneliti selanjutnya, dapat dijadikan referensi untuk melakukan penelitian sejenis. Hal yang perlu diperhatikan bagi peneliti selanjutnya yaitu disarankan untuk membuat soal yang dapat memungkinkan siswa untuk memenuhi semua indikator literasi matematika.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/97553
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Dwi Nur Aeni - 160210204050_.pdf5.87 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools