Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/97518
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorADNAN, Fahrobby-
dc.contributor.advisorPRASETYO, Beny-
dc.contributor.authorFUJIANTO, Arief-
dc.date.accessioned2020-03-31T04:13:55Z-
dc.date.available2020-03-31T04:13:55Z-
dc.date.issued2019-11-13-
dc.identifier.nim152410101029-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/97518-
dc.description.abstractPenerapan layanan TI pada sebuah instansi atau perusahaan menjadi sebuah kebutuhan dengan alasan TI merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dari suatu proses bisnis instansi atau perusahaan. Dalam penerapan layanan TI, organisasi harus memikirkan kepuasan pengguna akhir. Kepuasan pengguna akhir perlu diukur untuk mengetahui sejauh mana kepuasan pengguna terhadap pemakaian layanan TI yang diberikan. Dengan pengukuran tersebut maka organisasi dapat menggunakan sebagai tolak ukur kualitas pelayanannya sehingga masyarakat mendapatkan kepuasan yang diinginkan. Kepuasan pengguna dapat diukur menggunakan metode EUCS (End User Computing Satisfaction), Dalam model EUCS memiliki 5 variabel content (konten), accuracy (keakuratan), format (bentuk), ease of use (kemudahan penggunaan), dan timeliness (ketepatan waktu) dengan 12 instrumen. Pada model tersebut diimplementasikan terhadap analisis kepuasan pengguna akhir aplikasi PLN mobile menggunakan metode EUCS (End User Computing Satisfaction) berdasarkan prospektif pelanggan PT.PLN (Persero) UP3 Jember. Aplikasi PLN Mobile merupakan sistem yang bertujuan membantu pelanggan untuk lebih mudah mengakses layanan seperti mendapatkan informasi tentang tagihan listrik, penambahan daya, wadah aduan masyarakat maupun informasi lainnya yang berkaitan dengan layanan listrik. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampling insidental dengan jumlah sampel yang digunakan yaitu 100 responden. Model EUCS dengan 5 variabel ini digunakan untuk mengetahui faktor-faktor apa yang mempunyai berpengaruh positif dan signifikan terhadap user satisfaction yang nantinya akan digunakan sebagai rekomendasi PT. PLN (Persero). Berdasarkan analisis data yang dihasilkan, diperoleh hasil variabel content berpengaruh positif dan signfikan terhadap variabel user satisfaction, variabel accuracy berpengaruh positif dan signfikan terhadap variabel user satisfaction, variabel format berpengaruh positif dan signfikan terhadap variabel user satisfaction, variabel timeliness berpengaruh positif dan signfikan terhadap variabel user satisfaction sedangkan variabel ease of use berpengaruh positif tetapi tidak signfikan terhadap variabel user satisfaction. diharapkan faktor-faktor yang berpengaruh positf dan signifikan tetap dijaga atau ditingkatkan sehingga tidak ada penurunan kepuasan pengguna akhir aplikasi PLN Mobile Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap user satisfaction yang nantinya akan digunakan sebagai rekomendasi PT. PLN (Persero). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa yang mempengaruhi kepuasan pengguna akhir aplikasi PLN Mobile pada pelanggan PT.PLN (Persero) UP3 Jember. Metode analitik yang digunakan dalam penelitian ini adalah End User Computing Satisfaction (EUCS).en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherFAKULTAS ILMU KOMPUTERen_US
dc.subjectKepuasanen_US
dc.subjectPLN Mobileen_US
dc.subjectEUCSen_US
dc.titleAnalisis Kepuasan Pengguna Akhir Aplikasi PLN Mobile Menggunakan Metode EUCS (End User Computing Satisfaction) Berdasarkan Prospektif Pelanggan PT.PLN (Persero) UP3 Jemberen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.prodiSISTEM INFORMASI-
dc.identifier.kodeprodi2410101-
Appears in Collections:UT-Faculty of Computer Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Arief Fujianto-152410101029-CHNS-U.pdf2.42 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools