Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/97495
Title: | Pengaruh Model Pembelajaran Self Regulated Learning (SRL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Sub Pokok Bahasan Luas Lingkaran Siswa Kelas VIII MTs Al – Qodiri 1 Jember |
Authors: | TRAPSILASIWI, Dinawati PRATAMA, Randi MUZAKI, Ahmad |
Keywords: | Matematika Hasil Belajar Siswa Pembelajaran Konvensional Self Regulated Learning |
Issue Date: | 29-Jul-2019 |
Publisher: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN |
Abstract: | Menulis merupakan kegiatan produktif dan ekspresif dengan cara mengungkapkan gagasan yang ada dalam pikiran kedalam bentuk tulisan. Tujuan menulis di sekolah dasar agar siswa memiliki kemampuan berkomunikasi secara efektif dan efisiensesuai dengan etika yang berlaku, baik lisan maupun tertulis. Harapan menulis di sekolah untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan emosional dan sosial. Berdasarkan temuan dan permasalahan di MTs Al – Qodiri 1 Jember Tahun Pelajaran 2017 -2018 dalam proses pembelajaran matematika siswa mengalami permasalahan saat memahami mata pelajaran matematika yang diberikan oleh guru. Oleh karena itu, salah satu cara pemecahan masalah di atas melalui model pembelajaran self regulated learning dalam proses belajar mengajar sehingga menciptakan suasana yang nyaman saat proses pengajaran. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimanakah pengaruh model pembelajaran self regulated learning terhadap hasil belajar matematika sub pokok bahasan keliling dan luas lingkaran siswa kelas VIII MTs AL-QODIRI 1 Jember ?, Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh hasil belajar menggunakan model pembelajaran self regulated learning sub pokok bahasan keliling dan luas lingkaran pada siswa kelas VIII tahun pelajaran 2017/2018 di MTs AL-QODIRI 1 Jember. Penelitian ini merupakan eksperimen semu. Di samping itu, dilatar belakangi pemahaman siswa terhadap permasalahan matematika masih kurang sehingga perlu di upayakan suatu tindakan guna memecahkan permasalahan tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Al Qodiri 1 Jember dengan jumlah siswa kelas A sebanyak 27 anak dan kelas B sebanyak 27 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil Observasi kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru kelas VIII Wawancara yang dilakukan pada guru kelas VIII dan dua orang siswa. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan pengaruh hasil belajar menggunakan model pembelajaran self regulated learning sub pokok bahasan menghitung keliling dan luas lingkaran pada siswa kelas VIII tahun pelajaran 2017/2018 di MTs AL-QODIRI 1 Jember.. Hal ini ditunjukkan dari perbandingan hasil perhitungan rata-rata hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Self Regulated Learning (SRL) adalah 14,82 lebih besar dari rata-rata hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran model konvensional. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa ada pengaruh hasil belajar menggunakan model pembelajaran self regulated learning sub pokok bahasan keliling dan luas lingkaran pada siswa kelas VIII tahun pelajaran 2017/2018 di MTs AL- QODIRI 1 Jember. Saran yang dapat diberikan adalah (1)guru mampu menggunakan model pembelajaran self regulated learning , (2)siswa lebih aktif dalam kegiatan model pembelajran self regulated leaning , (3) sekolah memberikan kesempatan bagi guru kelas lain di MTs Al Qodiri 1 Jember menggunakan model self regulated leaning dalam proses pembelajaran menulis puisi karena telah terbukti dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa dan (4) bagi peneliti selanjutnya dapat mengembangkan penelitian ini untuk menemukan hasil baru dan mengarah pada kesempurnaan pembelajaran. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/97495 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
AHMAD MUZAKI-120210101061.pdf | 4.48 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools