Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/97350
Title: Perencanaan Biaya Risiko K3 pada Proyek Pembangunan Gedung Bertingkat Menggunakan Metode Job Safety Analysis (JSA)
Authors: Trisiana, Anita
Ratnaningsih, Anik
Keywords: Biaya
JSA
K3
Issue Date: 13-Nov-2019
Publisher: UPT Penerbitan & Percetakan Universitas Jember
Abstract: Proyek konstruksi mempunyai risiko terjadinya kecelakaan kerja dan gangguan kesehatan akibat kerja cukup tinggi, sehingga diperlukan perencanaan biaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dengan membuat perencanaan Job Safety Analysis (JSA), dengan JSA dapat mengetahui potensi bahaya pada tiap-tiap pekerjaan, risiko kecelakaan dan kesehatan kerja pada tiap-tiap pekerjaan, dan upaya pencegahan supaya potensi bahaya dapat dikendalikan. Kecelakaan kerja yang terjadi pada konstruksi akan berpengaruh pada keseluruhan kinerja proyek baik secara waktu maupun biaya. Tujuan dari artikel ini adalah analisis biaya yang terjadi akibat terjadinya kecelakaan kerja pada konstruksi bangunan gedung. Metode yang digunakan dalam perencanaan biaya risiko K3 dilakukan dengan: pembuatan WBS, menentukan potensi bahaya yang dapat terjadi dan mencari upaya pencegahan dari risiko yang dapat terjadi menggunakan metode Job Safety Analysis (JSA). Biaya K3 dihitung berdasarkan volume, waktu dan harga satuan. Berdasarkan hasil analisa dan perhitungan diketahui komponen biaya K3 yang diperlukan pada proyek pembangunan Gedung Laboratorium Terpadu Fakultas Teknik Univertitas Jember yaitu : proses persiapan RK3K, promosi dan sosialisasi K3, peralatan pelindung kerja, peralatan pelindung diri, perijinan dan asuransi, tenaga K3, fasilitas penunjang sarana kesehatan, rambu-rambu K3, dan lain-lain terkait pengendalian risiko K3 sebesar Rp. 307.838.000,00.
Description: Prosiding Konferensi Nasional Teknik Sipil dan Infrastruktur – II Jurusan Teknik Sipil Universitas Jember, 13 November 2019
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/97350
Appears in Collections:LSP-Conference Proceeding

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
F. T_Prosiding_Anik Ratnaningsih_PERENCANAAN BIAYA RISIKO K3 PADA PROYEK_.pdf3.63 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.