Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/9714
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | RIYANDA OKTA DEWI HARIYADI | - |
dc.date.accessioned | 2013-12-18T02:51:35Z | - |
dc.date.available | 2013-12-18T02:51:35Z | - |
dc.date.issued | 2013-12-18 | - |
dc.identifier.nim | NIM070210204161 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9714 | - |
dc.description.abstract | Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pelaksanaan dua siklus. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian tentang aktivitas siswa pada siklus I dalam proses pembelajaran IPA pokok bahasan perubahan wujud benda dengan menggunakan metode eksperimen yaitu siswa dalam kategori sangat aktif sebanyak 21 siswa, aktif sebanyak 2 siswa, cukup aktif sebanyak 1 siswa dan tidak aktif tidak ada. Penelitian pada siklus II diperoleh data tentang aktivitas siswa dalam proses pembelajaran IPA pokok bahasan perubahan wujud benda dengan menggunakan metode eksperimen yaitu siswa dalam kategori sangat aktif sebanyak 23 siswa, aktif sebanyak 1 siswa, cukup aktif dan tidak aktif tidak ada. Penerapan metode eksperimen menampakkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Siklus I diperoleh data daya serap siswa (klasikal) sebesar 81,04% dan ketuntasan klasikal sebesar 75%. Hasil dari siklus I tidak seperti yang diharapkan yaitu >80 sehingga perlu diadakan perbaikan pada siklus berikutnya. Penelitian pada Siklus II diperoleh data, daya serap siswa (klasikal) sebesar 84,37% dan ketuntasan klasikal sebesar 87,5%. Penelitian pada siklus II ternyata hasil belajar siswa sudah seperti yang diharapkan yaitu >80 jadi pembelajaran dihentikan pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan metode eksperimen pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Metode eksperimen juga dapat dikatakan dapat digunakan sebagai metode alternatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Saran dari penelitian ini adalah pembelajaran IPA hendaknya siswa dillibatkan langsung dalam mencari dan menemukan sendiri apa yang sedang dipelajari. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 070210204161; | - |
dc.subject | IPA, PERUBAHAN WUJUD BENDA, METODE EKSPERIMEN | en_US |
dc.title | PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN PERUBAHAN WUJUD BENDA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS IV SDN LEMBENGAN 01 JEMBER TAHUN AJARAN 2011/2012 | en_US |
dc.type | Other | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Skripsi_1.pdf | 699.13 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools