Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/96614
Title: Strategi Komunikasi dalam Interaksi jual beli di Pasar Ambulu Kabupaten Jember
Authors: Sofyan, Prof. Dr. Akhmad M.Hum.
Haryono, Dr. Akhmad M.Pd.
Mazida Amalia, ZULFA
Keywords: Strategi Komunikasi
Interaksi Jual Beli
Pasar Ambulu
Issue Date: 20-Dec-2018
Publisher: Fakultas Ilmu Budaya
Abstract: Kajian mengenai strategi komunikasi jual beli merupakan kajian yang menarik untuk diteliti. Pasar adalah tempat jual beli, di dalamnya muncul banyak persaingan antarpenjual hingga muncul anggapan bahwa penjual yang tokonya ramai menggunakan pelaris untuk menarik pembeli. Jika ditelisik lebih dalam, komunikasi memiliki peran penting untuk menarik pembeli. Strategi komunikasi dalam interaksi jual beli di pasar Ambulu Kabupaten Jember merupakan kajian pragmatik termasuk ke dalam penelitian kualitatif dengan metode simak, libat, dan cakap sebagai pengumpulan data. Untuk mendapatkan data di lapangan, peneliti menggunakan beberapa metode, yaitu tahap pengumpulan data dan tahap analisis data. Pada tahap pengumpulan data peneliti menggunakan teknik wawancara tidak terstruktur, observasi, teknik catat dan teknik rekam. Tahap analisis data, dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: (a) data berupa tuturan dan konteks tuturan yang terkumpul ditranskipsikan secara ortografis, (b) setelah data ditranskipsi, kemudian dipilah-dipilah sesuai aspek-aspek pragmatik yang diteliti, yaitu strategi komunikasi berdasarkan tahapan-tahapan interaksi dan jumlah, (c) data yang telah dipilah, kemudian diidentifikasi dan dideskripsikan, (d) berdasarkan identifikasi dan deskripsi tersebut, kemudian diambil kesimpulan mengenai strategi komunikasi yang digunakan oleh penjual di Pasar Ambulu
URI: http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/96614
Appears in Collections:MT-Linguistic

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Zulfa Mazida Amalia-160120201016.pdf1.16 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.