Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/9585
Title: INOVASI GURU BIOLOGI MELALUI PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAIKEM) DAN RELEVANSINYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA/MA DI TANGGUL JEMBER
Authors: Ika Agustin
Keywords: Inovas i Guru Biologi, PAIKEM, Hasil Belajar Sis wa
Issue Date: 17-Dec-2013
Series/Report no.: 070210103100;
Abstract: PP No. 19 tahun 2005 Bab IV Pasal 19 ayat 1 menyatakan bahwa ”Proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interakt if, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpatisipasi aktif serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreatifitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.” Hal tersebut dasar bahwa guru perlu melakukan inovasi pembelajaran dan menyelenggarakan pembelajaran PAIKEM. Adapun rumusan masalah penelit ian ini yaitu: (1) bagaimana inovasi guru biologi melalui PAIKEM di SMA/MA Tanggul Jember?, (2) adakah relevansi inovasi guru melalui PAIKEM dengan hasil belajar siswa di SMA/MA Tanggul Jember?. Penelit ian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan inovasi guru biologi melalui PAIKEM di SMA/MA Tanggul Jember, (2) mengetahui relevansi antara inovasi guru biologi terhadap hasil belajar siswa SMA/MA di Tanggul Jember. Penelitian dilaksanakan pada bulan November 2011 sampai dengan Januari 2012 dengan menggunakan metode korelasi. Metode korelasi adalah sebuah metode penelit ian deskriptif yang berusaha menyelidiki t ingkat t inggi rendahnya saling hubungan antara berbagai variabel, bukan ada tidaknya hubungan. Pendekatan pada penelit ian ini menggunakan pendekatan ex post fact o digunakan karena dalam penelit ian ini penelit i t idak dapat mengontrol variabel dikarenakan peristiwa telah terjadi. Desain penelit ian menggunakan metode kualitat if dan kuantitatif. Metode pengumpulan data pada penelit ian ini menggunakan wawancara, angket guru, angket siswa, observasi kelas dan penilaian RPP. Untuk data kualitat if dianalis is dengan menghitung jumlah total, rerata, dan frekuensi persentase. Sedangkan data kuantitatif untuk mengetahui hubungan antara antara inovasi guru biologi terhadap hasil belajar siswa SMA/MA di Tanggul Jember dilakukan analisis korelasi. Hasil penelit ian ini menunjukkan bahwa inovasi guru biologi SMA/MA melalui PAIKEM di Tanggul Jember ditunjukkan dengan pelaksanaan PAIKEM di kelas ditunjukkan dengan hasil angket s iswa 70% dan angket guru 69% PAIKEM sudah terlaksana dengan kategori cukup baik. Inovasi pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru meliputi inovasi media pembelajaran, metode pembelajaran, model pembelajaran, pengelolaan kelas, dan evaluasi pembelajaran dimana inovasi pembelajaran tersebut memiliki fc sebesar 82,9% dan dikategorikan sangat baik. Sedangkan perencanaan inovasi guru melalui PAIKEM ditunjukkan dengan hasil penilaian RPP yang memiliki fc sebesar 87% dengan kategori sangat baik.. Sedangkan hasil analis is korelasi antara inovasi guru biologi terhadap hasil belajar siswa SMA/MA di Tanggul Jember menunjukkan adanya relevansi antara inovasi guru melalui PAIKEM dengan hasil belajar s iswa SMA/MA di Tanggul Jember dengan koefisien korelasi (r) = 0,352 yang diikut i satu bintang (*) yang berart i hubungan antara inovasi melalui PAIKEM terhadap hasil belajar s iswa cukup tinggi pada signifikan 0,05.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9585
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
IKA AGUSTIN - 070210103100 (2)_1.pdf185.03 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools