Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/95220
Title: Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Pokok Bahasan Ekosistem Untuk Pembelajaran Biologi SMA
Authors: MUDAKIR, Imam
IQBAL, Mochammad
KINANTI, Rindayu Putri
Keywords: Augmented Reality
Ekosistem
Issue Date: Sep-2018
Series/Report no.: 140210103102;
Abstract: Penelitian ini bertujuan mengetahui validitas, kepraktisan, dan efektifitas dari media pembelajaran berbasis Augmented Reality pada pokok bahasan Ekosistem untuk pembelajaran Biologi SMA. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan menggunakan model 4-D (four-D) dengan empat tahapan. Uji validitas media pembelajaran berbasis Augmented Reality diperoleh dari hasil validasi dari validator materi, media, pengembangan, dan pengguna yaitu guru biologi SMA Negeri 1 Pakusari dan SMA Negeri 1 Kalisat. Sedangkan uji kepraktisan diperoleh dari pengambilan angket respon siswa dan respon guru. Efektifitas media pembelajaran berbasis Augmented Reality diperoleh dari uji coba penelitian tindakan terhadap hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa berupa nilai pre-test dan post-test yang selanjutnya akan dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan rumus N-gain (Normalized Gain). Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas media pembelajaran berbasis Augmented reality oleh ahli materi sebesar 82,54% (valid), ahli media sebesar 85% (valid), ahli pengembangan sebesar 80,83% (valid), dan pengguna secara berturut-turut sebesar 95,63% (sangat valid) dan 91,46% (sangat valid). Kepraktisan media pembelajaran berbasis Augmented Reality menggunakan angket respon siswa dan guru. Pada angket respon siswa diperoleh sebesar 92,18% (sangat praktis) dan angket respon guru diperoleh sebesar 90,84% (sangat praktis). Efektifitas media pembelajaran berbasis Augmented Reality menunjukkan rata-rata nilai Normalized Gain (N-gain) dari dua sekolah secara berturut-turut yaitu 0,76 dan 0,75 sehingga diperoleh rata-rata yaitu 0,75 dengan kategori tinggi. Penggunaan media pembelajaran berbasis Augmented Reality mampu meningkatkan hasil belajar siswa.
URI: http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/95220
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Rindayu Putri Kinanti-140210103102_.pdf5.42 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools