Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/9499
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | LUSIANA INDAH SAPUTRI | - |
dc.date.accessioned | 2013-12-17T07:02:04Z | - |
dc.date.available | 2013-12-17T07:02:04Z | - |
dc.date.issued | 2013-12-17 | - |
dc.identifier.nim | NIM080210204272 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9499 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini dilakukan di SDN Purwoasri 03 Gumukmas Kabupaten Jember. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah siswa 24 yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Metode analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistic deskriptif. Data yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara dianalisa secara kuantitatif, untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa dalam kelas sebagai tindakan. Data hasil tes dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan statistic deskriptif mengetahui rata-rata kemampuan setelah dilakukan pembelajaran. Hasil analisis digunakan dengan menghitung persentase jumlah siswa yang memperoleh nilai ≥ 70 (ketuntasan secara klasikal). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode bermain peran (Role Playing) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Purwoasri 03 Gumukmas Kabupaten Jember pada mata pelajaran IPS pokok bahasan usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia semester ganjil tahun pelajaran 2011-2012. Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat dilihat dari skor rata-rata yang diperoleh pada siklus I adalah 60,6% dan pada siklus II mendapat skor 84,4%. Hal ini berarti aktivitas belajar siswa meningkat dari kriteria cukup aktif menjadi sangat aktif. Peningkatan pada hasil belajar juga menjadi baik yang dibuktikan dengan ketuntasan 70,8% pada siklus I dan pencapaian ketuntasan 87,5% pada siklus II, sehingga penelitian ini dikatakan berhasil. Kesimpulan penelitian adalah adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2 sehingga penelitian dikatakan berhasil. Penelitian ini merupakan tambahan pengalaman yang sangat berharga yang dapat dijadikan sebagai bekal untuk terjun ke dunia pendidikan dan sebagai masukan dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran IPS. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 080210204272; | - |
dc.subject | Pembelajaran IPS, Kegiatan Ekonomi, Metode Bermain Peran (Role Playing) | en_US |
dc.title | PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DALAM PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN USAHA DAN KEGIATAN EKONOMI DI INDONESIA MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) DI SDN PURWOASRI 03 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012 | en_US |
dc.type | Other | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Skripsi_1.pdf | 557.23 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools