Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/94899
Title: | Hubungan Antara Kredibilitas Tutor Dengan Partisipasi Belajar Peserta Pelatihan Pada Lembaga Kursus di Sekolah Bahasa Inggris (SBI) – Eka Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang |
Authors: | HENDRAWIJAYA, H.A.T. IMSIYAH, Niswatul ABDILLAH, Mohammad Kholis |
Keywords: | Kredibilitas Tutor Partisipasi Belajar Peserta |
Issue Date: | Jul-2018 |
Series/Report no.: | 120210201002; |
Abstract: | Kredibilitas seorang tutor sangat penting dalam proses pembelajaran, karena tutor sebagai komunikator dalam pelaksanaan pembelajaran memegang peranan penting sebagai ujung tombak dalam menciptakan kegiatan belajar mengajar. Seorang tutor berada paling depan yang berhadapan langsung dengan peserta pelatihan. Dalam proses pembelajaran tidak hanya melihat pada kredibilitas seorang tutor saja, akan tetapi harus ada partisipasi dari peserta pelatihan, sebab partisipasi peserta pelatihan berperan sangat penting dalam berlangsungnya proses pembelajaran untuk menciptakan pembelajaran yang aktif, kreatif, dan menyenangkan. Berdasarkan studi pendahuluan, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah hubungan antara kredibilitas tutor dengan partisipasi belajar peserta pelatihan pada lembaga kursus di sekolah bahasa inggris (SBI)-EKA Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang?, sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara antara kredibilitas tutor dengan partisipasi belajar peserta pelatihan pada lembaga kursus di sekolah bahasa inggris (SBI)-EKA Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang. Manfaat teoritis pada penelitian ini yaitu hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat sebagai sumbangan pemikiran untuk pengembangan keilmuan Pendidikan Luar Sekolah (PLS), selain itu hasil penelitian ini diharapkan pula dapat dijadikan pertimbangan informasi untuk peneliti selanjutnya. Adapun manfaat praktis Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk penyelenggara lembaga – lembaga kursus yang ada, agar dapat menarik minat belajar warga belajarnya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Penentuan tempat penelitian menggunakan teknik purposive area yaitu bertempat di Lembaga Kursus Sekolah Bahasa Inggris (SBI)-EKA Pasirian. Penentuan responden menggunakan teknik sampel acak (random sampling), peneliti mengambil responden secara acak yang ada di lembaga kursus Sekolah Bahasa Inggris (SBI) – EKA yang berjumlah 30 peserta pelatihan, kemudian dipilih secara acak sebanyak 10 peserta yang dijadikan sebagai responden. Data penelitian terdiri atas data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari penyebaran angket pada responden dan data sekunder diperoleh dari dokumentasi dan kepustakaan. Analisis data pada penelitian ini menggunakan korelasi tata jenjang yang dihitung secara manual dan SPSS versi 23. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa tingkat hubungan antara kredibilitas tutor dengan partisipasi belajar peserta pelatihan pada lembaga kursus di sekolah bahasa inggris (SBI)-EKA Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang yaitu sebesar 0,941 sebagai r hitung. Nilai ini lebih besar dari pada r tabel untuk N=10 dengan tingkat taraf kepercayaan 95% yaitu sebesar 0,648, sehingga hasil yang diperoleh signifikan yaitu Ha diterima dan Ho ditolak. Secara rinci ditemukan bahwa hubungan antara keahlian (X1) dengan partisipasi belajar peserta pelatihan (Y) yaitu sebesar 0,893, hubungan antara kepercayaan (X2) dengan partisipasi belajar peserta pelatihan (Y) yaitu sebesar 0,894. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan yang tergolong sangat tinggi antara kredibilitas tutor dengan partisipasi belajar peserta pelatihan pada lembaga kursus di Sekolah Bahasa Inggris (SBI)-EKA Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang. Berdasarkan hasil penelitian, maka saran yang diberikan bagi tutor adalah lebih meningkatkan kredibilitasnya sebagai tutor sehingga peserta pelatihan dapat mempercayai dan memahami materi pembelajaran. Bagi peserta pelatihan, diharapkan agar selalu mengikuti pembelajaran yang ada dan lebih aktif. Bagi lembaga, diharapkan dapat mengembangkan kredibilitas tutor, agar dapat mempertahankan kualitas lembaga dan menghasilkan peserta pelatihan yang berkualitas. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan untuk meneliti lebih lanjut mengenai hubungan kredibilitas tutor dengan partisipasi belajar peserta pelatihan, sehingga dapat melihat kelemahan-kelamahan yang ada kemudian dapat disempurnakan. |
URI: | http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/94899 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Mohammad Kholis Abdillah-120210201002_.pdf | 2.67 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools