Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/9484
Title: MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBASIS TEORI BELAJAR BRUNER PADA POKOK BAHASAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN SISWA KELAS I SDN TEGALREJO 01 JEMBER
Authors: Ita Undziratul Laila
Keywords: Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa, Talking Stick, Bruner
Issue Date: 17-Dec-2013
Series/Report no.: 080210204226;
Abstract: Penelitian ini dilakukan tanggal 1-4 Juni 2011 untuk melakukan siklus I dan tanggal 7-9 Juni 2011 untuk melaksanakan siklus II. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa aktivitas siswa, aktivitas guru, dan tes individu. Rata-rata aktivitas siswa secara klasikal pada siklus I yaitu 29,05% (kategori tidak aktif) dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 88,64% (kategori sangat aktif). Ketuntasan belajar siswa juga meningkat pada siklus I mencapai 68%, dimana 30 siswa dapat dikatakan tuntas dan 14 siswa belum tuntas. Pada siklus II mencapai 91%, dimana 40 siswa dapat dikatakan tuntas dan 4 siswa belum tuntas. Ini menunjukkan bahwa pembelajaran Talking Stick Berbasis Teori Belajar Bruner pada Pokok Bahasan Penjumlahan dan Pengurangan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Serta berdasarkan KKM mata pelajaran matematika yang telah ditetapkan di SDN Tegalrejo 01 hasil belajar siswa dapat dikatan tuntas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) pelaksanaan pembelajaran Talking Stick berbasis teori belajar Bruner dengan materi penjumlahan dan pengurangan berjalan dengan baik, siswa terlihat aktif pada saat melakukan percobaan dengan menggunakan alat peraga dan menemukan konsep sendiri dengan menggunakan alat peraga tersebut; (2) aktivitas siswa selama pembelajaran Talking Stick Berbasis Teori Belajar Bruner pada Pokok Bahasan Penjumlahan dan Pengurangan mengalami peningkatan dan termasuk pada kategori aktivitas siswa yang sangat aktif; (3) hasil belajar siswa selama pembelajaran Talking Stick Berbasis Teori Belajar Bruner pada Pokok Bahasan Penjumlahan dan Pengurangan mengalami peningkatan dan sesuai Kriteria Ketuntasan Minimal. Saran yang bisa diberikan yakni model pembelajaran Talking Stick berbasis teori belajar Bruner dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif bagi guru dalam melakukan pembelajaran matematika.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9484
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi_1.pdf1 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools