Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/94563
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorPUSPITANINGTYAS, Zarah-
dc.contributor.advisorPOERNOMO, Djoko-
dc.contributor.authorAmrozi-
dc.date.accessioned2019-11-22T01:41:52Z-
dc.date.available2019-11-22T01:41:52Z-
dc.date.issued2018-07-
dc.identifier.nim150920101021-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id//handle/123456789/94563-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepuasan kerja dan komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan di Rumah Sakit Besuki Kabupaten Situbondo. Rumah Sakit sebagai organisasi publik yang bergerak dibidang jasa harus mampu menciptakan situasi dan kondisi yang mendorong dan memungkinkan karyawan untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan secara optimal, khususnya dalam hal kinerja. sehingga menghasilkan produk yang berkualitas sesuai dengan tuntutan pelanggan yang terus berkembang. Pemimpin yang efektif adalah pemimpin yang mengakui kekuatan kekuatan penting yang terkandung dalam individu, dan harus fleksibel dalam pemahaman segala potensi dan permasalahan yang dimiliki oleh masing masing individu. Dengan demikian pemimpin dapat menerapkan segala peraturan dan kebijakan organisasi serta melimpahkan tugas dan tanggung jawab dengan tepat. Hal ini sejalan dengan usaha untuk menumbuhkan komitmen organisasi dari diri karyawan. Sehingga pemimpin nantinya dapat meningkatkan kepuasan karyawan terhadap pekerjaannya serta dapat meningkatkan kinerja karyawan dengan lebih efektif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma kuantitatif bersifat explanatory. Populasi yang digunakan adalah seluruh karyawan karyawati Rumah Sakit Besuki Kabupaten Situbondo yang berjumlah 295 orang. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel menggunakan rumus slovin sehingga ditemukan sampel sebanyak 170 orang, kemudian untuk menentukan sampel / responden dilakukan dengan cara random sampling berdasarkan probabilitas dari masing –masing pengelompokan jenis ketenagaan yang ada di Rumah Sakit. Jenis dan sumber data dalam penelitian ini adalah data primer berupa kuesioner, sedangkan data sekuder berupa dokumentasi data dari Rumah Sakit Besuki. Instrument penelitian dalam penelitian ini adalah kuesioner dalam bentuk pernyataan dengan menggunakan skala likert 1-5 sebagai skala pengukuran. Uji instrument penelitian dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Variabel independent dalam penelitian ini ada tiga yaitu Kepemimpinan (X1) dengan menggunakan teori Wahjosumidjo (2007), Kepuasan kerja (X2) dengan menggunakan teori Hasibuan (2009) dan Komitmen organisasi (X3) menggunakan teori Allen dan Meyer (1990). Untuk Variabel dependentnya adalah kinerja karyawan (Y) dengan menggunakan teori Mathis dan Jackson (2006), Sedangkan analisis uji dalam penelitian menggunakan regresi linear berganda.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.subjectKepuasan Kerjaen_US
dc.subjectKomitmen Organisasien_US
dc.subjectKepemimpinanen_US
dc.subjectKinerja Karyawanen_US
dc.titlePengaruh Kepemimpinan Kepuasan kerja dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan di Rumah Sakit Besuki Situbondoen_US
dc.identifier.prodiMagister Ilmu Administrasi-
dc.identifier.kodeprodi0920101-
Appears in Collections:MT-Science of Administration

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Amrozi-150920101021.pdf1.52 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.