Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/94522
Title: Penerapan Model Pembelajaran Concept Attainment Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Historis Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS 2 SMAN Kalisat Tahun Ajaran 2018/2019
Authors: NA'IM, Mohammad
SUMARNO
FITRASARI, Linda
Keywords: Historis dan Hasil Belajar Peserta Didik
Issue Date: 28-May-2019
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember
Abstract: Salah satu tujuan pembelajaran sejarah dalam kurikulum K13 yaitu menumbuhkan keterampilan berpikir sejarah (historical thinking). Namun berdasarkan hasil observasi pembelajaran sejarah di kelas XI IPS 2 SMAN Kalisat memiliki permasalahan terkait kurangnya keterampilan berpikir historis peserta didik, hal tersebut ditunjukkan dengan: (1) peserta didik kurang mampu mengurutkan terjadinya suatu peristiwa; (2) peserta didik hanya dapat menjawab pertanyaan C1 dan C2; (3) peserta didik belum mampu menghubungkan peristiwa sejarah yang terjadi dengan peristiwa sejarah yang lain; (4) sumber-sumber yang digunakan oleh peserta didik belum beragam; (5) peserta didik belum mampu menyebutkan fakto-faktor penyebab terjadinya suatu peristiwa dengan benar. Hal tersebut menyebabkan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik belum mencapai KKM yang ditetapkan oleh sekolah yaitu sebesar 77. Berdasarkan permasalahan tersebut, model pembelajaran concept attainment digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir historis dan hasil belajar peserta didik.
URI: http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/94522
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Linda Fitrasari-130210302060.pdf5.44 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools