Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/94436
Title: Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita SLDV Berdasarkan NEWMAN’S ERROR ANALYSIS (NEA) Ditinjau dari Gaya Belajar Visual
Authors: Trapsilasiwi, Dra. Dinawati M.Pd.
Setiawani, Susi S.Si., M.Sc.
Duwi Utami, RENI SUCIARI
Keywords: Kesalahan Siswa
Soal Cerita SLDV
NEWMAN’S ERROR ANALYSIS(NEA
Gaya Belajar Visual
Issue Date: 30-Jul-2019
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: berkelanjutan yang melibatkan interaksi guru dan siswa pada lingkungan yang ideal dalam rangka mengembangkan pola pikir matematika baik secara aspek teoritik maupun aspek terapan atau praktik dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran matematika merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan peran siswa dalam memodifikasi konsep-konsep dalam matematika sesuai kemampuannya sendiri sehingga dapat tercapai tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan. Kemampuan menyelesaikan masalah matematika tiap siswa cenderung berbeda-beda, hal itu dapat dipengaruhi oleh gaya belajar yang dimiliki. Gaya belajar adalah kemampuan seseorang untuk memahami dan menyerap informasi yang mereka dapat menggunakan cara termudah yang dimiliki oleh individu itu sendiri. Gaya belajar dapat mempengaruhi kemampuan siswa dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Kesalahan yang dilakukan membuktikan bahwa ada kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan masalah. Menurut Newman ada 5 tipe kesalahan yang mungkin dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika yaitu reading error (kesalahan membaca), reading comprehension difficultaty (kesalahan dalam memahami soal), transform error (kesalahan transformasi), weakness in process skill (kesalahan dalam keterampilan proses), dan encoding error (kesalahan dalam menggunakan notasi).
URI: http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/94436
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Reni Suciari Duwi Utami-150210101087.pdf6.06 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools