Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/94420
Title: Pengaruh Kualitas Pertanyaan dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Peserta Didik Kelas XI IPS di SMA Katolik Santo Paulus Jember Tahun Pelajaran 2016/2017
Authors: NA'IM, Mohammad
SOEPENO, Bambang
SULISTIONA, Antonius Denny Cahyo
Keywords: Kemandirian Belajar
Peserta Didik
Issue Date: Dec-2017
Series/Report no.: 150220303010;
Abstract: Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengaruh Kualitas Pertanyaan terhadap Hasil Belajar adalah rendah, yaitu sebesar 0,243; (2) pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar adalah kuat, yaitu sebesar 0,610; (3) pengaruh Kualitas Pertanyaan dan Kemandirian Belajar secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Hasil Belajar peserta didik adalah sebesar 40,9%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: meskipun secara bersama-sama dan secara sendiri-sendiri Kualitas Pertanyaan dan Kemandirian Belajar berpengaruh signifikan terhadap Hasil Belajar, namun kekuatan dan kontribusi Kualitas Pertanyaan terhadap Hasil Belajar lemah. Implikasinya, perlu diupayakan usahausaha meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengajukan pertanyaan yang berkualitas. Tanpa keterampilan mengajukan pertanyaan yang berkualitas, peserta didik tidak dapat terlibat aktif dalam berbagai bentuk pembelajaran aktif. Akibat lebih lanjut, peserta didik hanya berusaha menghafal materi pembelajaran dan bukan mengonstruksi pengetahuan dalam pikiran berdasarkan materi pembelajaran yang disajikan oleh guru.
URI: http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/94420
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Antonius Denny Cahyo Sulistiono-150220303010_.pdf8.95 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools