Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/94391
Title: Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Stem Dalam Tema Selalu Berhemat Energi Subtema Sumber Energi Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
Authors: AGUSTININGSIH
FINALI, Zetti
NERATING, Yuma Tupu Dira
Keywords: STEM
Berhemat Energi
Issue Date: Apr-2019
Series/Report no.: 150210204086;
Abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menghasilkan lembar kerja siswa berbasis STEM dalam Tema Selalu Behemat Energi Subtema Sumber Energi untuk kelas IV Sekolah Dasar, (2) menguji efektivitas hasil pengembangan lembar kerja siswa berbasis STEM dalam Tema Selalu Behemat Energi Subtema Sumber Energi untuk kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan (Research and Development). Responden dalam uji coba ini adalah siswa kelas IV SD-IT Harapan Umat Jember yang berjumlah 21 orang dan pada tahap penyebaran dilaksanakan pada dua sekolah yaitu SDN Patrang 01 Jember dan SDN Kepatihan 03 Jember. Pengambilan data dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Sumber data dalam penelitian ini adalah lembar validasi, hasil belajar siswa, dan angket respon siswa. Hasil dari pengembangan ini adalah LKS berbasis STEM ini berdasarkan hasil validasi yang dilakukan diperoleh hasil bahwa validitas LKS berbasis STEM tergolong dalam kategori sangat valid. Hal ini diketahui dari analisis hasil validasi dari tiga validator yaitu dengan persentase kevalidan sebesar 81,5%. Berdasarkan hasil uji coba di SD-IT Harapan Umat Jember yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa efektivitas LKS berbasis STEM tergolong sangat efektif dengan persentase keefektivan sebesar 90,4%, kemudian dilanjutkan di SDN Patrang 01 Jember keefektivitasan mencapai 83,8% dan SDN Kepatihan 03 Jember memperoleh hasil 86,2%. Respon siswa terhadap penggunaan LKS berbasis STEM termasuk ke dalam kategori respon positif.
URI: http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/94391
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Yuma Tupu Dira Nerating - 150210204086_.pdf3.74 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools