Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/94381
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorHENDRAWIJAYA, H. AT.-
dc.contributor.advisorFAJARWATI, Linda-
dc.contributor.authorNURANITA, Wilda Tsani-
dc.date.accessioned2019-11-15T06:47:50Z-
dc.date.available2019-11-15T06:47:50Z-
dc.date.issued2019-03-
dc.identifier.nimNIM150210201020-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id//handle/123456789/94381-
dc.description.abstractHasil penelitian dalam penelitian ini adalah terdapat dua ukuran pemuda berdaya, yaitu kesadaran dan keinginan untuk berubah serta kerjasama dan solidaritas antar anggota. Demi tercapainya dua ukuran keberdayaan tersebut Komunitas Garis Pena Jember menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah dan strategi pembelajaran kooperatif sedangkan metode yang mereka gunakan yaitu metode diskusi dan metode pressing. Kesimpulan dari penelitian ini adalah keberdayaan pemuda anggota Komunitas Garis Pena yang semula awam tentang pendidikan etika lingkungan menjadi tahu bahkan peduli terhadap pentingnya menjaga lingkungan yang bebas sampah. Keberdayaan yang dimaksud tidak dapat lepas dari bentuk pendidikan yang diberikan Komunitas Garis Pena Jember kepada calon anggotanya. Pendidikan yang dimaksud meliputi pendidikan untuk memantik kemauan diri – anggotanya – untuk berubah dan juga memiliki kemampuan solidaritas dan kerjasama antar anggota. Hal itu dilakukan dengan dua strategi pembelajaran yaitu strategi pemebelajaran berbasis masalah dan strategi pembelajaran kooperatif. Keduanya disertakan dua metode pembelajaran yaitu metode pembelajaran berbasis masalah yang menuntut para calon anggotanya menghadapi masalah kemudian menyelesaikannya di lapangan dan metode pembelajaran pressing di mana kemampuan mental – dan fisik – menjadi tujuan utama dalam membentuk karakter diri sebagai pemuda. Semua proses tersebut dilakukan Komunitas Garis Pena untuk membentuk karakter pemuda sekaligus sebagai bukti keberdayaannya yang cinta lingkungan dan membentuk Jember dalam mengatasi krisis etika lingkungan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries150210201020;-
dc.subjectPemudaen_US
dc.subjectPendidikan Etikaen_US
dc.titleKeberdayaan Pemuda Melalui Gerakan Pendidikan Etika Lingkungan Dalam Komunitas Garis Pena Jemberen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
WILDA TSANI NURANITA - 150210201020_.pdf2.06 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools