Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/94322
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorNURIMAN-
dc.contributor.advisorAGUSTININGSIH-
dc.contributor.authorDAMAYANTI, Rike Septiana-
dc.date.accessioned2019-11-14T02:28:22Z-
dc.date.available2019-11-14T02:28:22Z-
dc.date.issued2019-04-
dc.identifier.nimNIM150210204104-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id//handle/123456789/94322-
dc.description.abstractPenelitian ini dilaksanakan di MI Muhammadiyah 2 Pontang Ambulu pada semester genap tahun ajaran 2018/2019 dengan subjek penelitian yaitu seluruh siswa kelas V yang berjumlah 21 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian, aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 75,91% meningkat pada siklus II menjadi 79,10%. Peningkatan yang terjadi pada aktivitas belajar siswa yaitu sebesar 3,19%. Selain aktivitas belajar, persentase hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 76,09% meningkat pada siklus II menjadi 80,38%. Peningkatan antara siklus I dan siklus II pada hasil belajar siswa meningkat sebesar 4,29%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pendekatan CTL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar tema 6 subtema 2 pada siswa kelas V MI Muhammadiyah 2 Pontang Ambulu. Adapun saran yang dapat dikemukakan dalam penelitian ini yaitu: a) bagi guru yang mengalami permasalahan baik aktivias maupun hasil belajar dapat menerapkan pendekatan CTL sebagai alternatif pembelajaran agar siswa dapat belajar dan memaknai materi yang dihubungkan dengan kehidupan nyata. b) bagi kepala sekolah agar lebih memfasilitasi sekolah dengan media pembelajaran yang mendukung karakteristik materi dalam pembelajaran CTL. c) bagi penelitian lain diharapkan dapat melakukan penelitian tidak hanya aktivitas belajar siswa saja melainkan dapat dikembangkan dengan penelitian terhadap aktivitas keterampilan proses sains dasar pada penerapan CTL.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries150210204104;-
dc.subjectContextual Teaching and Learning (CTL)en_US
dc.subjectHasil Belajar Siswaen_US
dc.titlePenerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Tema 6 Subtema 2 Pada Siswa Kelas V MI Muhammadiyah 2 Pontang Ambuluen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Rike Septiana Damayanti - 150210204104_.pdf5.19 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools