Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/94313
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSUNARDI-
dc.contributor.advisorMONALISA, Lioni Anka-
dc.contributor.authorMULYO, Robbi Nur-
dc.date.accessioned2019-11-14T02:12:57Z-
dc.date.available2019-11-14T02:12:57Z-
dc.date.issued2019-04-
dc.identifier.nimNIM150210101023-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id//handle/123456789/94313-
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan etnomatematika pada aktivitas petani jeruk dan menghasilkan bahan ajar siswa berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Pesanggaran Banyuwangi terhadap masyarakat yang berprofesi sebagai petani jeruk. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh beberapa etnomatematika pada aktivitas yang digunakan oleh petani jeruk yakni aktivitas menghitung, aktivitas mengukur, dan aktivitas mendesain. Etnomatematika pada aktivitas menghitung muncul saat petani menentukan luas lahan, jumlah bibit jeruk yang ditanam, jumlah pupuk yang digunakan, perbandingan pupuk yang digunakan, jumlah pekerja, waktu pekerja, biaya pekerja, waktu panen, dan jumlah biaya yang dikeluarkan. Etnomatematika pada aktivitas mengukur muncul saat petani menentukan panjang dan lebar lahan, jarak tanam jeruk, kedalaman lubang tanam. Etnomatematika pada aktivitas mendesain muncul saat petani membuat pola tanam jeruk, pola jarak tanam jeruk, dan pola parit. Penelitian ini menghasilkan bahan ajar siswa berupa lembar kerja peserta didik. Pada lembar kerja ini materi yang diangkat mengenai segi empat. Soal dan penjelasan yang dibuat merupakan aplikasi dari penggunaan etnomatematika pada aktivitas petani jeruk di Kecamatan Pesanggaran. Aktivitas yang dijadikan lembar kerja peserta didik adalah aktivitas saat menentukan jarak menghitung luas lahan, menentukan jumlah pohon berdasarkan jarak tanam, pemberian pupuk, dan biaya yang dikeluarkan yang diperoleh oleh petani jeruk. Lembar kerja peserta didik yang dihasilkan menggambarkan beberapa aktivitas petani jeruk yang menggunakan konsep matematika dalam bertani. Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dihasilkan menggambarkan aktivitas petani yang pertama adalah menghitung luas lahan. Aktivitas mengenai penentuan jarak tanam, penentuan jarak tanam nantinya akan berpengaruh terhadap jumlah pohon jeruk yang ditanam. Aktivitas selanjutnya adalah pemberian pupuk. Menentukan jumlah pupuk berdasarkan banyak pohon dan waktu pemupukan yaitu konsep perbandingan. Aktivitas selanjutnya adalah menghitung biaya yang dikeluarkan. Menghitung biaya yang dikeluarkan bisa diperkirakan terlebih dahulu, perhitungan inilah yang akan diterapkan dalam lembar kerja peserta didik dengan mempertimbangkan biaya pupuk dan biaya lainnya. Selanjutnya akan dibuat soal mengenai luas lahan, jumlah pohon jeruk, jumlah pupuk, dan perhitungan biaya yang dikeluarkan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries150210101023;-
dc.subjectEtnomatematikaen_US
dc.subjectPetani Jeruken_US
dc.titleEtnomatematika Pada Aktivitas Petani Jeruk di Kecamatan Pesanggaran Banyuwangi Sebagai Bahan Ajar Siswaen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Robbi Nur Mulyo - 150210101023_.pdf3.88 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools