Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/94246
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorLESMONO, Albertus Djoko-
dc.contributor.advisorYUSHARDI-
dc.contributor.authorSANTOSO, Yani Rahmawati-
dc.date.accessioned2019-11-13T02:57:16Z-
dc.date.available2019-11-13T02:57:16Z-
dc.date.issued2019-08-23-
dc.identifier.nimNIM150210102015-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id//handle/123456789/94246-
dc.description.abstractKemampuan yang diharapkan dimiliki oleh peserta didik selain yang tertuang dalam tujuan pendidikan nasional adalah kemampuan-kemampuan abad 21. Penggunaan pendekatan yang berpusat pada peserta didik dalam kegiatan pembelajarannya sangat dianjurkan. Seperti tertuang dalam kurikulum 2013 yang mengamanatkan penggunaan pendekatan ilmiah/scientific dalam proses pembelajarannya. Salah satu tuntutan yang harus dicapai dalam pembelajaran kurikulum 2013 adalah kemampuan berpikir kritis. Untuk mencapai kemampuan berpikir kritis siswa,diperlukan metode dan model pembelajaran yang tepat. Salah satu yang dapat digunakan ialah model pembelajaran inkuiri terbimbing (quided inquiry) dengan bantuan media simulasi PhET. Media simulasi PhET membantu penyampaian pokok pembelajaran yang tidak dapat disampaian wujudnya secara langsung seperti materi termodinamika. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa SMAN 4 Jember dengan model pembelajaran guided inquiry berbantuan PhET simulation pada materi Termodinamika. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penentuan sampel penelitian menggunaan purposive sampling, dimana dalam pengambilan sampel menggunakan pertimbangan tertentu. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Jember pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tulis berupa soal esai. Indikator berpikir kritis yang digunakan dalam penelitian ini adalah indikator berpikir kritis menurut Facione yang memiliki enam indikator. Pencapaian kemampuan berpikir kritis yang diperoleh siswa diketahui dar i jawaban siswa atas sepuluh pertanyaan uraian yang diberikan. Adapun hasil pencapaian siswa dalam enam indikator berpikir kritis adalah sebagai berikut, pada indikator interpretasi pencapaian yang ditunjukkan siswa sebesar 82 yang terkategori sangat tinggi. Kedua, pada indikator analisis sebesar 92,4 yang terkategori sangat tinggi. Indikator ketiga, evaluasi dengan pencapaian sebesar 68,7 yang terkategori tinggi. Keempat ada indikator inferensi yang terkategori sedang dengan pencapaian rata-rata siswa sebesar 42. Dan selanjutnya ada indikator penjelasan dan regulasi diri yang sama-sama dalam kategori tinggi yaitu dengan pencapaian masing-masing 69,7 dan 75. Dari enam indikator yang telah diketahui pencapaiannya dapat dikatakan bahwa pencapaian kemampuan berpikir kritis siswa SMAN 4 Jember terkategori tinggi. Kemampuan yang menonjol dalam berpikir kritis yang dimiliki siswa SMAN 4 Jember adalah kemampuan dalam menganalisis. Hal ini ditunjukkan dengan pencapaian indikator analisis yang dicapai siswa lebih tinggi dari indikator-indikator kemampuan berpikir kritis yang lain. Untuk kemampuan yang kurang ada pada kemampuan inferensi, hal ini karena ditemukan banyak siswa yang tidak menjawab atau menyebutkan variabel-variabel yang diminta. Nilai hasil pembelajaran dengan inkuiri terbimbing berbantuan simulasi PhET menunjukkan pencapaian yang lebih tinggi dari pada pembelajaran sebelumnya. Pencapaian hasil belajar yang lebih tinggi ini menunjukkan bahwa adanya kemampuan berpikir kritis siswa yang tinggi. Dimana siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi maka hasil belajarkan akan meningkat. Kemampuan berpikir kritis yang tinggi dikarenakan keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran, khususnya dalam memperoleh informasi dan pengalaman dengan bantuan PhET yang memungkinkan siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritisnya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries150210102015;-
dc.subjectscientificen_US
dc.subjectPenerapan Pembelajaranen_US
dc.subjectGuided Inquiryen_US
dc.subjectPhet Simulationen_US
dc.titlePenerapan Pembelajaran Guided Inquiry Berbantuan Phet Simulation Pada Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sman 4 Jemberen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Yani Rahmawati Santoso - 150210102015-.pdf2.17 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools