Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/94231
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | LATHIEF, Misno A | - |
dc.contributor.advisor | BUDYAWATI, Luh Putu Indah | - |
dc.contributor.author | AINI, Titik Nur | - |
dc.date.accessioned | 2019-11-13T02:19:40Z | - |
dc.date.available | 2019-11-13T02:19:40Z | - |
dc.date.issued | 2019-07 | - |
dc.identifier.nim | NIM150210205043 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/94231 | - |
dc.description.abstract | Manajemen dalam Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah suatu upaya untuk mengelola, mengatur dan mengarahkan proses interaksi antara anak didik dengan guru dan lingkungan secara teratur untuk mencapai tujuan Pendidikan Anak Usia Dini. Tujuan manajemen PAUD yaitu untuk mengelola lembaga secara efektif dan efisien. Manajemen adalah seperangkat aktivitas yang meliputi perencanaan dan pengambilan keputusan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan yang dilaksanakan langsung oleh suatu daya organisasi (manusia, uang, benda-benda fisik, dan informasi). Pendidikan karakter yang ditanamkan di TK Darus Sholah tersebut mencakup empat aspek yaitu, aspek spiritual, aspek personal atau kepribadian, aspek sosial, dan aspek lingkungan. Penanaman nilai-nilai karakter diberikan melalui keteladanan, pembiasaan, dan pengulangan dalam kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai karakter yang akan dibentuk di TK Darus Sholah adalah cinta kepada Allah, kejujuran, disiplin, toleransi dan cinta damai, percaya diri, mandiri, tolong menolong, kerja sama dan gotong royong, hormat dan santun, tanggung jawab, kerja keras, kepemimpinan, keadilan, kreatif, rendah hati, peduli lingkungan, cinta bangsa dan tanah air. Pendidikan karakter diatas merupakan target yang ingin dicapai oleh sekolah melalui manajemen pembelajaran. Aspek proses pembelajaran pendidikan karakter anak usia dini di TK Darus Sholah menggabungkan nilai-nilai pembentuk karakter melalui kegiatan terprogram yang dimulai dari kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, “Bagaimanakah manajemen pembelajaran anak usia dini kelompok B berbasis pendidikan karakter di TK Darus Sholah Tahun Pelajaran 2018/2019?” Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen pembelajaran anak usia dini kelompok B berbasis pendidikan karakter di TK Darus Sholah Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yakni pengelola pembelajaran berbasis pendidikan karakter TK Darus Sholah Kabupaten Jember. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari informan kunci yaitu pengelola pembelajaran dan informan pendukung adalah kepala sekolah. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran pendidikan karakter anak usia dini di TK Darus Sholah, terdiri dari aspek perencanaan/persiapan dimana guru merancang PRRH, RPPM, PROTA, dan PROMES didalamnya terdapat kegiatan pembelajaran yang dapat membentuk karakter anak, aspek proses pelaksanaan pembelajaran dikaitkan dengan tempat dan media yang dibutuhkan untuk membentuk pendidikan karakter anak. Aspek evaluasi pembelajaran di TK Darus Sholah belum diaplikasikan dengan tindak lanjut, karena evaluasi yang dilaksanakan disana hanya evaluasi pembelajaran biasa, seperti mengulang kembali pembelajaran sebelumnya. Saran yang diberikan dalam manajemen pembelajaran berbasis pendidikan karekter hendaknya memberikan pembelajaran yang menyenangkan, memodifikasi suatu pembelajaran agar lebih menarik, pembelajaran selalu dilaksanakan dengan berpedoman pada tingkat atau tahapan perkembangan anak, dan aktifitas pembelajaran benar-benar memberikan dampak positif yang optimal pada berbagai aspek perkembangan anak melalui tinda lanjut dari evaluasi yang dilakukan. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 150210205043; | - |
dc.subject | Manajemen Pembelajaran | en_US |
dc.subject | Anak Usia Dini | en_US |
dc.subject | Karakter | en_US |
dc.title | Analisis Manajemen Pembelajaran Anak Usia Dini Kelompok B Berbasis Pendidikan Karakter di Tk Darus Sholah , Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019 | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Titik Nur Aini - 150210205043-.pdf | 5.66 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools