Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/94226
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | IRVAN, Muhtadi | - |
dc.contributor.advisor | FITRI, Chumi Zahroul | - |
dc.contributor.author | BAHRI, Saiful | - |
dc.date.accessioned | 2019-11-13T01:42:19Z | - |
dc.date.available | 2019-11-13T01:42:19Z | - |
dc.date.issued | 2019-07-02 | - |
dc.identifier.nim | NIM140210204091 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/94226 | - |
dc.description.abstract | Penerapan kurikulum 2013 menuntut guru untuk lebih aktif dan menguasai banyak hal, dari segi penyampaian materi seperti penerapan model, alat peraga dan media pembelajaran. Hasil observasi dan wawancara dengan siswa dan guru kelas IV di SDN Sumbersari 01 Jember didapatkan bahwa dalam proses pembelajaran masih merasa kesulitan dalam menerapkan pendekatan saintifik, terutama dalam menumbuhkan keberanian untuk bertanya dan menumbuhkan nalar siswa. Guru merasa kesulitan untuk menilai siswa secara individual, terutama dalam penilaian sikap (afektif), serta sering kekurangan waktu dalam penilaian autentik dalam pembelajaran. Materi yang dibelajarkan terlalu dangkal, terutama dalam mata pelajaran IPS dan PKN. Hal ini terlihat dari nilai siswa yang masih ada beberapa yang di bawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar siswa kelas IV tema “daerah tempat tinggalku” di SDN Sumbersari 01 Jember tahun pelajaran 2018/2019; Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumbersari 01 Jember pada tanggal 15 April 2019 sampai dengan 19 April 2019. Subyek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang terdiri atas kelas IVA sebanyak 30 siswa dan IVB sebanyak 31 siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian preexperimental dengan pola intac-group comparison. pengumpulan data penelitian menggunakan metode tes yang berupa tes pilihan ganda pada post-test untuk ranah kognitif. Pada penelitian ini, kelas IVA ditentukan sebagai kelas eksperimen yaitu pembelajaran dengan pendekatan CTL, sedangkan kelas IVB sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional (saintifik) tanpa pendekatan CTL. Sebelum diadakan penelitian terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas dengan menggunakan data nilai pretest uji homogenitas menggunakan instrumen tes yang telah dibuat. Uji Homogenitas dilakukan menggunakan program statistik SPSS versi 22. Data hasil penghitungan dengan SPSS menunjukkan bahwa t hitung = 0,042. Hasil t hitung kemudian dicocokkan dengan t tabel taraf signifikansi untuk uji dua pihak (two tail test). Pada taraf signifikansi 5% nilai dk=59 memiliki harga t tabel = 1,980. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa t hitung < t tabel (0,042 < 2,021). Selanjutnya digunakan teknik acak untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kemudian dilakukan uji t antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol berdasarkan nilai pre-test yang didapatkan kelas Eksperimen (IVA) dan kelas kontrol (IVB). Hasil analisis uji-t terhadap persentase hasil belajar siswa menggunakan SPSS diperoleh t hitung = 3,899. Selanjutnya t hitung tersebut dikonsultasikan pada t viii tabel = 2,000 dengan taraf signifikansi 5% dan db = 59. Hasil analisis uji-t untuk hasil belajar menggunakan SPSS diperoleh t hitung = 3,972. Selanjutnya t hitung tersebut dikonsultasikan pada t tabel = 2,000 dengan taraf signifikansi 5% dengan db = 59. Dari tabel penghitungan uji-t ranah kognitif dapat diketahui bahwa t hitung > t tabel (3,972 > 2,000), sehingga nilai t hitung lebih besar dari pada t tabel . Dengan demikian kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan dari penerapan pendekatan CTL terhadap hasil belajar siswa kelas IV dalam tema “Daerah Tempat Tinggalku” di SDN Sumbersari 01 Jember tahun pelajaran 2018/2019. Peneliti mengharapkan model CTL menjadi model alternatif yang dapat diterapkan dalam pembelajaran di sekolah sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 140210204091; | - |
dc.subject | Contextual Teaching | en_US |
dc.subject | Learning | en_US |
dc.subject | Penerapan | en_US |
dc.subject | Pendekatan | en_US |
dc.title | Pengaruh Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Tema Daerah Tempat Tinggalku di Sdn Sumbersari 01 Jember | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Saiful Bahri - 140210204091-.pdf | 4.03 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools