Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/94223
Title: Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV di Sdn Kepatihan 03 Jember
Authors: MARDIATI, Yayuk
FITRIYAH, : Chumi Zahroul
INDAH, Rosalia
Keywords: Model Pembelajaran
Inkuiri
Indahnya Keragaman di Negeriku
Meningkatkan Hasil Belajar
Issue Date: 5-Jul-2019
Series/Report no.: 150210204062;
Abstract: Kegiatan pembelajaran dalam kurikulum 2013 memuat penilaian dalam aspek ranah afektif, kognitif, dan psikomotor. Guru kelas IV SDN Kepatihan 03 Jember sudah menerapkan pendekatan saintifik dengan metode tanya jawab dan penugasan tetapi belum optimal, sehingga kurang menarik perhatian siswa untuk mengikuti pembelajaran. Penelitian menerapkan model pembelajaran inkuiri tema indahnya keragaman di Negeriku untuk mengatasi masalah tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan model pembelajaran inkuiri tema indahnya keragaman di Negeriku, subtrema 3, pembelajaran 3 dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Kepatihan 03 Jember. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kepatihan 03 Jember melalui penerapan model pembelajaran inkuiri tema indahnya keragaman di Negeriku. Penelitian dilaksanakan di SDN Kepatihan 03 Jember, waktu pelaksanaan adalah semester genap tahun pelajaran 2018/2019 pada tema “indahnya keragaman di Negeriku” subtema indahnya persatuan dan kesatuan Negeriku pembelajaran 3. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari enam langkah yaitu orientasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, dan membuat kesimpulan. Subjek penelitian siswa kelas IV SDN Kepatihan 03 Jember yang berjumlah 29 siswa. Metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Hasil prasiklus menunjukan skor rata-rata klasikal ranah afektif sebesar 65,9 dengan kategori cukup baik, skor rata-rata klasikal hasil belajar ranah kognitif siswa sebesar 69,5 dengan kategori cukup baik, dan skor rata-rata klasikal ranah psikomotor siswa sebesar 66,17 dengan kategori cukup baik. Hal ini dikarenakan model dalam proses pembelajaran kurang bervariasi, guru cenderung hanya mneggunakan pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri pada tema indahnya keragaman di Negeriku subtema indahnya persatuan dan kesatuan di Negeriku pembelajaran 3 diperoleh hasil observasi skor rata-rata klasikal ranah afektif pada kegiatan prasiklus sebesar 65,9 dengan kategori cukup baik, skor rata-rata klasikal ranah afektif siklus I sebesar 75,6 dengan kategori baik, dan skor rata-rata klasikal ranah afektif siklus II sebesar 79 dengan kategori baik. Skor rata-rata klasikal hasil belajar ranah kognitif siswa pada kegiatan prasiklus sebesar 69,5 dengan kategori cukup baik, skor rata-rat klasikal hasil belajar ranah kognitif siswa pada siklus I sebesar 73,3 dengan kategori baik dan skor rata-rata klasikal hasil belajar ranah kognitif siswa pada siklus II sebesar 78,3 dengan kategori baik. Skor rata-rata klasikal ranah psikomotor pada kegiatan prasiklus sebesar 66,17 dengan kategori cukup baik, skor rata-rata klasikal psikomotor siklus I sebesar 76 dengan kategori baik dan skor rata-rata klasikal ranah psikomotor siklus II sebesar 82 dengan kategori sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kepatihan 03 Jember tema “indahnya keragaman di Negeriku” subtema indahnya persatuan dan kesatuan Negeriku pembelajaran 3. Saran yang diberikan bagi guru penggunaan model pembelajara inkuiri dapat dijadikan sebagai alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Bagi peneliti lain hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi untuk mengembangkan penelitian yang serupa dengan tema dan pembelajaran yang berbeda.
URI: http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/94223
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Rosalia Indah - 150210204062-.pdf4.89 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools