Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/94172
Title: Pengaruh Penggunaan Media Stik Abjad Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelompok B TK Bina Anaprasa Nuris Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019
Authors: KHUTOBAH
SUHARTININGSIH
DEWI, Indah Irana
Keywords: Penggunaan Media
Stik Abjad
Kemampuan Membaca
Siswa Kelompok B
Issue Date: 11-Jul-2019
Series/Report no.: 150210205081;
Abstract: Bahasa adalah hal terpenting dalam berkomunikasi dengan orang lain disekitarnya. Perkembangan kemampuan membaca pada siswa kelompok B di TK Bina Anaprasa Nuris Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember masih terbilang kurang maksimal dan bahkan ada beberapa dari siswa kelompok B ini masih belum bisa mengenal huruf dan membaca kata sederhana. Pada siswa kolompok B ini beberapa tingkat pencapaian perkembangan yang seharusnya sudah anak capai pada tahap usia tersebut ternyata masih belum tercapai. Beberapa tingkat pencapaian perkembangan tersebut di antaranya anak belum bisa mengenal dan menyebutkan simbol-simbol huruf yang ada, membaca kata-kata sederhana, membaca namanya sendiri, serta menyebutkan huruf yang menyusun nama-nama benda yang ada disekitarnya. Salah satu media yang dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa ada media stik abjad. Media stik abjad ini bertujuan untuk mengenalkan huruf-huruf kepada anak. Media ini dikemas dengan menarik, sederhana dan mudah digunakan oleh anak. Selain mengenal huruf anak akan lebih efektif dalam membuat rangkaian kata dari huruf-huruf tersebut dengan menyusun sendiri huruf-huruf yang ada untuk membentuk kata-kata sederhana. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “apakah ada pengaruh penggunaan media stik abjad terhadap kemampuan membaca siswa kelompok B di TK Bina Anaprasa Nuris Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember tahun pelajaran 2018/2019?”. Adapun tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media stik abjad terhadap kemampuan membaca anak pada siswa kelompok B di TK Bina Anaprasa Nuris Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental. Kelompok yang diuji terdiri dari dua kelompok yaitu kelompok B2 sebagai kelas eksperimen kelompok B3 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen penilaian terdiri dari dua aspek yang dinilai, di mana masing-masing aspek memiliki dua poin penilaian. Aspek pertama adalah kemampuan menyusun huruf, poin pertama dari aspek tersebut adalah menunjukkan huruf yang disebutkan dan menyusun kata sederhana. Aspek kedua adalah kemampuan membaca yang terdiri dari poin pertama membaca kata sederhana serta membaca kalimat sederhana. Sumber data pada penelitian ini diperoleh dari 1) hasil observasi untuk melihat aspek perkembangan kemampuan membaca siswa selama proses pembelajaran berlangsung di kelompok B di TK Bina Anaprasa Nuris Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember, 2) informasi dari kepala sekolah dan guru-guru kelompok B di TK Bina Anaprasa Nuris Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember, 3) literatur yang mendukung 4) dokumentasi. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode tes, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh hasil t sebesar 3,492. Hasil tersebut kemudian dibandingkan dengan t tabel x hitung . Diketahui df= n-2 (34-2) = 32 pada taraf signifikansi 5%, nilai t tabel = 2,041. Berdasarkan hasil tersebut nilai t apabila ditulis dalam angka 3,492 > 2,041 sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa hipotesis nihil (H 0 ) ditolak dan hipotesis alternative (H ) diterima yang berarti bahwa ada pengaruh penggunaan media stik abjad terhadap kemampuan siswa kelompok B di TK Bina Anaprasa Nuris Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. a Saran yang disampaikan dari hasil penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan media stik abjad dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa sehingga dapat digunakan sebagai media pendukung dalam pembelajaran di kelas. Bagi sekolah hendaknya mengoptimalkan kemampuan guru agar bisa menciptakan media pembelajaran yang unik dan menarik supaya anak tidak merasa bosan dalam belajar.
URI: http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/94172
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Indah Irana Dewi - 150210205081-.pdf1.95 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools