Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/94171
Title: Penerapan Metode Guided Discovery Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Pada Tema Lingkungan Sahabat Kita Subtema Perubahan Lingkungan Siswa Kelas V Sdn Sumbersari 01 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019
Authors: NURIMAN
MUTROFIN
AROFAH, Halida Nuril
Keywords: Guided Discovery
Motivasi
Hasil Belajar
Lingkungan Sahabat
Perubahan Lingkungan
Issue Date: 2019
Series/Report no.: 150210204052;
Abstract: Pembelajaran Tema Lingkungan Sahabat kita Subtema perubahan lingkungan menekankan pada pengalaman langsung dan kegiatan praktis untuk mengembangkan kompetensi agar siswa mampu menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. tema ini berhubungan dengan cara mencari tahu tentang alam semesta secara sistematis, bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta, konsep, atau prinsip saja, tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Metode pembelajaran juga harus dipilih sesuai dengan minat belajar siswa, sehingga dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajarnya. Pada kenyataannya, motivasi belajar siswa kelas V SDN Sumbersari 01 Jember masih belum maksimal. Hal tersebut disebabkan karena belum adanya penggunaan metode yang dapat membangkitkan minat siswa selama pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang sesuai untuk mengatasi permasalahan di atas adalah dengan menggunakan metode Guided Discovery. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui memalui metode Guided Discovery tema Lingkungan Sahabat Kita subtema Perubahan Lingkungan SDN Sumbersari 01 Jembe Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumbersari 01 Jember dari tanggal 2 januari samapai dengan 29 april 2019, dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas V yang berjumlah 34 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan rancangan penelitian menurut Hopkins terdiri dari 4 fase meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Guided Discovery yaitu metode yang menekankan pada kegiatan siswa dalam menemukan suatu konsep pembelajaran. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, angket, dan dokumentasi. Pembelajaran tema Lingkungan Sahabat Kita Subtema perubahan Lingkungan melalui Penerapan metode Guided Discovery untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Sumbersari 01 Jember, terlaksana sesuai dengan rencana yang telah dirancang. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa motivasi dan hasil belajar siswa selama pembelajaran melalui penerapan metode Guided Discovery mengalami peningkatan. Skor motivasi belajar siswa pada siklus I 62,8 dan meningkat menjadi 86,4 pada siklus II. Artinya motivasi siswa dari pra siklus I mengalami peningkatan sebesar 23,6. Rata-rata skor hasil belajar siswa secara klasikal sebelum pelaksanaan siklus sebesar 60,4 meningkat menjadi 64,3 pada siklus I. Rata-rata skor hasil belajar tersebut semakin meningkat lagi menjadi 76,3 pada siklus II, pada siklus II ini skor hasil belajar mengalami peningkatan sebesar 12, dikarenakan pada siklus II pembelajaran tema Lingkungan Sahabat Kita Subtema Perubahan Lingkungan menggunakan berbantuan media berupa video tentang siklus air, sehingga siswa lebih paham dan mengerti tentang materi sehingga hasil belajar pada siklus II pembelajaran tema Lingkungan Sahabat Kita subtema Perubahan Lingkungan mengalami peningkatan. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan metode Guided Discovery dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa padatema lingkungan sahabat kita subtema perubahan lingkungan. Saran dalam penelitian ini yaitu hendaknya pembelajaran dengan menggunakan metode Guided Discovery dapat dijadikan sebagai alternatif bagi guru untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Pemberian motivasi tersebut bisa dilakukan dengan cara memberikan dukungan moril, pemberian reward, maupun penggunaan yel-yel yang dapat memotivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran.
URI: http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/94171
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Halida Nuril Arofah - 150210204052-.pdf6.34 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools