Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/9414
Title: PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN PESAWAT SEDERHANA MELALUI MODEL LEARNING GAMES MENGGUNAKAN GAMBAR DIAM DI SD NEGERI KARANGANYAR 01 TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Authors: FENY MAGHFIROH
Keywords: Hasil Belajar Siswa, IPA, Learning Games
Issue Date: 17-Dec-2013
Series/Report no.: 080210204265;
Abstract: Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, persentase hasil belajar yang dicapai siswa sebesar 69.56% pada aspek kognitif, 74,40% pada aspek afektif, dan 72,94% pada aspek psikomotorik. Pada siklus II, persentase hasil belajar aspek kognitif adalah sebesar 86,95%, pada aspek afektif 83,57% dan pada aspek psikomotorik sebesar 83,09%. Hasil belajar siswa pada siklus II lebih meningkat dari siklus I, baik pada aspek kognitif, afektif maupun psikomotor. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran IPA pada pokok bahasan Pesawat Sederhana melalui pembelajaran Learning Games Menggunakan Gambar Diam dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Karanganyar 01 Jember, baik pada aspek kognitif, afektif maupun psikomotorik. Saran dari penelitian ini adalah guru dapat mangadopsi model Learning Games pada pokok bahasan yang berbeda, mata pelajaran lain maupun jenjang pendidikan yang lain serta memvariasikan dengan pembelajaran di luar kelas. Selain itu, kepala sekolah dapat menggunakannya untuk pembinaan profesionalitas guru dalam proses pembelajaran dan sebagai alternatif peningkatan kualitas mutu pendidikan. Sedangkan bagi peneliti lain dapat dijadikan sebagai masukan untuk penelitian lebih lanjut dengan pokok bahasan yang tentunya berbeda.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9414
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi_1.pdf63.98 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools