Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/94132
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | HANDAYANI, Baiq Lily | - |
dc.contributor.author | ARIFIN, Zainul | - |
dc.date.accessioned | 2019-11-11T04:03:29Z | - |
dc.date.available | 2019-11-11T04:03:29Z | - |
dc.date.issued | 2018-07-08 | - |
dc.identifier.nim | NIM120910302027 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/94132 | - |
dc.description.abstract | Bencana merupakan peristiwa yang bisa datang kapan dan dimana saja tampa bisa kita prediksi. Selain dapat memakan korban dampak dari bencana juga dapat memgakibatkan kerugian pada alam atau lingkungan, hilangnya harta benda serta kerugian baik dari segi ekonomi, sosial bahkan psikologis. Kesiapsiagaan atau tanggap bencana sangatlah dibutuhkan pada masyarakat untuk bisa menanggulangi sebuah bencana yang dapat terjadi kapan dan dimana saja. Masyarakat juga harus mampu mengenali potensi-potensi bencana yang berada di sekitar untuk mengurangi dampak dari bencana. Kerentanan yang ada pada masyarkat harus ditingkatkan, kerentanan yang dimaksud disini adalah masyarakat yang termasuk dalam kategori rentan dalam hal ini anak-anak. anakanak masuk dalam kategori masyarakat rentan yang membutuhkan perlindungan khusus. Untuk meningkatkan kapasitas pada seorang anak perlu adanya pendidikan mengenai bencana sejak dini dan itu bisa diterapkan pada sekolahsekolah dimana tempat seorang anak mendapatkan pendidikan dan membentuk karakter. Seperti yang ada pada Kurikulum 13 dimana di dalam buku paket terdapat materi mengenai bencana. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan konstruksi pengetahuan siswa mengenai bencana melalui kurikulum 13. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat dijadikan referensi pihak-pihak yang melakukan kajian atau penelitian lebih lanjut yang berkaitan dengan konstruksi pengetahuan bencana terutama dalam pengetahuan bencana pada anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di dua sekolah dasar di Kec. Sumbersari Kabupaten Jember diantaranya SD. Islam Terpadu Jember dan SD. Muhammadiah 01 Jember yang menerapkan kurikulum 13 sebagai acuan dalam proses belajar mengajar. Adapun teknik penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Informan utama dalam penelitian ini adalah guru dan juga siswa. Kemudian metode pengumpulan data menggunakan wawancara observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan cara trianggulasi data. Hasil dari penelitian yang dilakukan di beberapa sekolah tersebut ada beberapa sekolah yang tidak hanya sekedar menerapkan materi tentang bencana melainkan disertai dengan praktek langsung dan mengadakan kerjasama dengan instansi yang memang ahli dibidang bencana seperti BPBD, TAGANA dan lainlain untuk mengadakan sosialisasi kepada siswanya. Dengan adanya materi mengenai bencana pada buku paket memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang bencana kepada anak sejak dini. Pengetahuan tentang bencana di konstruksi oleh seorang guru berbekal materi yang ada pada buku paket. dengan begitu seorang siswa akan sadar dengan sendirinya bahwa bencana itu benar adanya dan nyata yang suatu saat bisa menjadi ancaman. Ditambah lagi dengan adanya praktek bisa meningkatkan daya ingat seorang anak yang nantinya menjadi bekal dalam menghadapi situasi darurat bencana karena mereka sudah mengetahui bahwa bencana merupakan sebuah ancaman untuk mereka dan mereka akan menjauhinya. Selain adanya praktek dan juga simulasi, media pembelajarandalam kurikulum 13 juga berperan penting dalam memberi pengetahuan tentang bencana kepada siswa diamana siswa memperoleh berita-berita tentang kejadian bencana melalui berita di televisi. Selanjutnya dari pengetahuan tentang bencana tersebut seorang anak menceritakan pengetahuan barunya mengenai bencana kepada keluarga dan juga teman sepermainannya melalui interkasi yang dilakukannya. Melalui interaksi tersebutlah pengetahuan tentang bencana mereka sampaikan. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 120910302027; | - |
dc.subject | Pengetahuan | en_US |
dc.subject | Bencana | en_US |
dc.subject | Kurikulum 13 | en_US |
dc.title | Konstruksi Pengetahuan Siswa Mengenai Bencana Melalui Kurikulum 13 | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Social and Political Sciences |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Zainul Arifin - 120910302027-.pdf | 3.14 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools