Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/94000
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorFatahillah, Arif S.Pd., M.Si.-
dc.contributor.advisorOktavianingtyas, Ervin S.Pd., M.Pd.-
dc.contributor.authorAdiniyah Rochmah, OVI-
dc.date.accessioned2019-11-06T11:39:16Z-
dc.date.available2019-11-06T11:39:16Z-
dc.date.issued2019-07-30-
dc.identifier.nim150210101115-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id//handle/123456789/94000-
dc.description.abstractBerpikir kritis yang merupakan berpikir tingkat tinggi dapat diciptakan agar seorang individu dapat memiliki kemampuan berpikir kreatif sekaligus menjadi pemecah masalah yang unggul, pembuat keputusan yang tepat dan bermanfaat, serta mampu meyakinkan pendapat-pendapatnya, menganalisis asumsi-asumsi, dan melakukan penyelidikan ilmiah. Karena begitu banyak dan besarnya manfaat- manfaat ketika siswa memiliki kemampuan berpikir kritis, maka diharapkan nantinya melalui proses berpikir kritis dapat mencetak siswa-siswi yang mampu menghadapi perkembangan IPTEK dunia dan memecahkan masalah-masalah yang timbul. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir kritis siswa olimpiade matematika dalam menyelesaikan soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) materi teori bilangan. Soal OSN yang digunakan terdiri dari 3 soal. Subjek penelitian adalah 4 siswa olimpiade SMP di Pusat Pembinaan MIPA (PPM) Pythagoras. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes dan metode wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes dimana soal ini merupakan soal OSN yang dimodifikasi sesuai dengan standart soal OSN pada umumnya, pedoman wawancara, dan lembar validasi. Uji validasi dilakukan dengan cara memberikan lembar validasi dan instrumen penelitian kepada validator yaitu dosen Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Hasil validasi instrumen pada penelitian ini untuk soal tes memperoleh nilai V a = 2,75 dan untuk pedoman wawancara memperoleh nilai V a = 2,75. Berdasarkan tingkat kevalidan instrumen, soal tes dan pedoman wawancara dinyatakan valid.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectBerpikir Kritisen_US
dc.subjectSiswa Olimpiadeen_US
dc.subjectoal OSNen_US
dc.subjectMateri Teori Bilanganen_US
dc.titleAnalisis Berpikir Kritis Siswa Olimpiade Matematika dalam Menyelesaikan Soal OSN Materi Teori Bilanganen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.prodiPendidikan Matematika-
dc.identifier.kodeprodi0210101-
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Ovi Adiniyah Rochmah-150210101115.pdf1.48 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools