Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/9393
Title: PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL THINK-TALK-WRITE DENGAN MEDIA GAMBAR PADA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KEGIATAN EKONOMI DI INDONESIA SISWA KELAS V SDN 7 KAJARHARJO KALIBARU BANYUWANGI
Authors: Dyah Kumala Santi
Keywords: Think-Talk-Write, Media Gambar, Kegiatan Ekonomi
Issue Date: 17-Dec-2013
Series/Report no.: 080210204293;
Abstract: Tujuan penelitian yang dicapai pada penelitian ini adalah : (1) Meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS pokok bahasan Kegiatan Ekonomi Di Indonesia dengan menggunakan penerapan Think-Talk-Write dengan media gambar di SD Negeri 7 Kajarharjo Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi Semester Ganjil Tahun Ajaran 2011-2012, (2) Meningkatkan hasil belajar IPS pokok bahasan Kegiatan Ekonomi Di Indonesia dengan menggunakan penerapan Think-Talk-Write dengan media gambar pada kelas V Semester Ganjil SD Negeri Kajarharjo Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi Tahun Ajaran 2011- 2012. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Think-Talk-Write dengan media gambar. Model TTW ini memiliki 3 aspek penting yaitu berpikir (Think), diskusi (Talk), dan menulis (Write). Media gambar disini berfungsi sebagai perantara dalam menyampaikan pesan. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Think-Talk-Write dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN 7 Kajarharjo pada mata pelajaran IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi di Indonesia semester ganjil tahun pelajaran 2011-2012. Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat dilihat dari skor rata-rata yang diperoleh sebelum pada siklus I adalah menjadi 58,42% dan pada siklus II mendapat skor rata-rata 67,83%. Hal ini berarti aktivitas belajar siswa meningkat dari kriteria sedang menjadi aktif. Peningkatan pada hasil belajar juga menjadi baik yang dibuktikan dengan nilai ratarata 76,19% pada siklus I dan pencapaian ketuntasan 79,13% pada siklus II. Berdasarkan analisis dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Think-Talk-Write dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi di Indonesia pada siswa kelas V SDN 7 Kajarharjo tahun ajaran 2011-2012. Peneliti memberi saran, dengan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa diharapkan model Think- Talk-Write digunakan sebagai alternative dalam proses pembelajaran.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9393
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi_1.pdf268.71 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools