Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/93912
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorDjoko Lesmono, Drs. Albertus M.Si-
dc.contributor.advisorYushardi, Dr. S.Si, M.Si-
dc.contributor.authorNailul Faroh, MOH.-
dc.date.accessioned2019-11-05T11:22:12Z-
dc.date.available2019-11-05T11:22:12Z-
dc.date.issued2019-07-
dc.identifier.nim150210102085-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id//handle/123456789/93912-
dc.description.abstractFisika merupakan salah satu mata pelajaran yang penting di jenjang pendidikan terutama di SMA. Dalam fisika terdapat konsep yang mengungkapkan rahasia dan hukum semesta. Namun kebanyakan siswa banyak yang beranggapan bahwa fisika itu sulit dan rumit karena terlalu banyak rumus, sehingga siswa kurang tertarik dan tidak bersemangat untuk belajar fisika. Dalam hal ini pendidikan berperan penting dalam kehidupan karena merupakan salah satu wahana untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dalam hal pengetahuan. Pada kurikulum 2013 dalam dunia pendidikan, pembelajaran berpusat pada siswa, sehingga siswa harus berperan aktif pada proses belajar mengajar. Dalam hal ini kemampuan siswa dalam memecahkan permasalahan sangatlah penting karena dalam standar isi permendikbud N0. 64 tahun 2013 menyebutkan bahwa siswa diharapkan dapat menunjukan sikap logis, kritis, analitis, cermat dan teliti, bertanggung jawab, dan tidak mudah menyerah dalam menyelesaikan masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah pada siswa dalam menyelesaikan soal-soal fisika materi suhu dan kalor menurut IDEAL Problem Solving dan untuk mendeskripsikan kesulitan apa sajakah yabg di alami oleh siswa dalam menyelesaikan soal-soal fisika pada materi suhu dan kalor menurut IDEAL Problem Solving. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penentuan daerah yang digunakan untuk penelitian ini menggunakan teknik purpose sampling area. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA di SMA N 1 Jenggawah, di SMA N Arjasa, di SMA Balung, dan di SMA N Pakusari dengan masing-masing sekolah di ambil satu kelas.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPemecahan Masalahen_US
dc.subjectSiswa SMAen_US
dc.subjectMateri Suhuen_US
dc.subjectKaloren_US
dc.subjectTahapan IDEAL Problem Solvingen_US
dc.titleAnalisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa Sma Di Kabupaten Jember Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Fisika Materi Suhu Dan Kalor Berdasarkan Tahapan Ideal Problem Solvingen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.prodiPendidikan Fisika-
dc.identifier.kodeprodi0210102-
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Moh. Nailul Faroh - 150210102085.pdf7.23 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools