Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/93867
Title: Analisis Kesuksesan Sistem E-Learning di Sekolah Menengah Atas Kabupaten Jember (Studi Kasus: SMA Negeri 2 Jember)”
Authors: Oktalia Juwita
Fajrin Nurman Arifin
DEWI, Oryza Kusuma
Keywords: Sistem E-Learning
Sekolah Menengah Atas
Issue Date: 14-Jun-2019
Publisher: PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI FAKULTAS ILMU KOMPUTER
Abstract: Salah satu layanan TI yang diimplementasikan oleh SMA Negeri 2 Jember yaitu sistem e-learning SMAN 2 Jember yang digunakan oleh guru dan siswa SMAN 2 Jember dalam proses pembelajaran di sekolah. E-Learning SMAN 2 Jember memiliki berbagai kegunaan dari tiap sisi pengguna yaitu guru dan siswa, dan diharapkan dapat memudahkan proses pembelajaran. Dalam penerapannya, penggunaan sistem masih dianggap pasif seperti banyak sekali guru yang belum menggunakan sistem dalam proses pembelajaran sehingga mengakibatkan siswa menjadi sangat jarang mengaksesnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kesuksesan sistem e-learning di Sekolah Menengah Atas dengan mengambil studi kasus SMAN 2 Jember. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan ISSM (Information System Success Model) 2003 oleh McLean dan DeLone yang telah diperbarui. Kelebihan dari metode ISSM 2003 ini adalah adalah metode ini sangat cocok digunakan untuk mengukur kesuksesan sistem karena variabel dan indikator sesuai dengan permasalahan yang terdapat pada e-learning SMAN 2 Jember. Diharapkan hasil akhir dari metode ini dapat memaksimalkan hasil yang didapatkan berupa hipotesis yang berpengaruh positif dan juga signifikan terhadap kesuksesan e-learning SMAN 2 Jember. Jumlah sampel penelitian yang digunakan sebanyak 200 responden yaitu beberapa guru dan siswa kelas 10 SMA Negeri 2 Jember karena dianggap sering mengakses sistem dalam proses pembelajaran di sekolah. Data tersebut dianalisis menggunakan tools analisis GeSCA. Berdasarkan hasil analisis, dapat diketahui bahwa hipotesis yang memiliki pengaruh positif dan juga signifikan yaitu kualitas informasi (information quality), kualitas layanan (service quality), kepuasan pengguna (use), dan Net Benefits
URI: http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/93867
Appears in Collections:UT-Faculty of Computer Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Oryza Kusuma Dewi b.pdf3.15 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools