Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/93800
Title: Hubungan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Kemampuan Sosial Anak Kelas a Di TK Plus Al-Hujjah Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018
Authors: Khutobah
SENNY, Weyara Dienda Saputri
KHUSNA, Aprilia
Keywords: Kemampuan sosial
Status Sosial Ekonomi
Ekonomi Orang Tua
Sosial Ekonomi Orang Tua
Issue Date: 4-Jun-2018
Series/Report no.: 140210205045;
Abstract: Kemampuan sosial dirasa penting diperhatikan sedini mungkin, karena perkembangan anak yang dimiliki saat ini akan mempengaruhi perkembangannya selanjutnya. Observasi yang telah dilakukan di TK Plus Al Hujjah Kelas A pada tanggal 16 November 2017 ditemukan anak yang sulit untuk berinteraksi dengan teman sebayanya. Terdapat anak yang pendiam, suka menang sendiri, tidak mau berbagi, pemarah, suka mengejek pekerjaan temannya, memilih-milih teman dan ada yang bertindak tidak sopan terhadap guru. Berdasarkan biodata peserta didik Taman Kanak-kanak Plus Al Hujjah Tahun pelajaran 2017-2018, orangtua anak kelas A di TK Plus Al Hujjah memiliki keadaan sosial ekonomi yang berbeda beda. Melihat kondisi yang demikian peneliti ingin mengetahui apakah ada hubungan antara status sosial ekonomi orang tua dan kemampuan sosial anak, dengan responden 43 orang tua/wali murid yang terdiri dari 21 anak kelas A1 dan 22 anak kelas A2. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah hubungan antara status sosial ekonomi orang tua dan kemampuan sosial anak di kelas A TK Plus Al Hujjah Sumbersari Jember. Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara status sosial ekonomi orang tua dan kemampuan sosial anak di kelas A TK Plus Al Hujjah Sumbersari Jember. Penelitian ini dilakukan di TK Plus Al Hujjah Sumbersari Jember. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A TK Plus Al Hujjah tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif. Angket diberikan kepada guru kelas untuk diberikan kepada orangtua siswa kelas A. Pemberian angket bertujuan untuk mengetahui bagaimana jawaban orang tua terkait dengan status sosial ekonomi orang tua dan kemampuan sosial putra putri mereka ketika di rumah. Angket terdiri dari 26 pertanyaan, masing-masing jawaban dinilai dengan menggunakan skala likert. Uji hipotesis menggunakan rumus korelasi product moment. Adapun hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa harga rhitung sebesar 0,611. Jika dilihat dari kriteria rtabel sebesar 0,301 pada taraf kepercayaan 95% dengan N=43 akan menunjukkan bahwa r hitung≥r tabel. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yaitu terdapat hubungan antara status sosial ekonomi orang tua dan kemampuan sosial anak di kelas A TK Plus Al Hujjah Sumbersari Jember. Hasil tersebut diperjelas kembali melalui uji hubungan untuk setiap aspek status sosial ekonomi orang tua dan kemampuan sosial anak yang menunjukkan bahwa pendapatan memiliki hubungan paling tinggi dengan kemampuan sosial anak. Sedangkan pendidikan dan pekerjaan masing-masing hanya menyumbangkan 12% dan 24%. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat diketahui bahwa status sosial ekonomi memiliki hubungan dengan kemampuan sosial anak. Status sosial ekonomi orang tua tidak serta merta menjadi hal utama yang membentuk kemampuan sosial anak. Dimana anak yang berada pada status sosial ekonomi orang tua tinggi cenderung menunjukkan kemampuan sosial yang tinggi pula.
URI: http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/93800
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Khusna Aprilia-140210205045-.pdf1.76 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools