Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/93791
Title: | Pengaruh Metode Pembelajaran ( Inkuiri Dan Resitasi ) Dan Gaya Belajar Kognitif Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Bagi Peserta Didik Kelas Viii Smp Negeri 3 Sumber Jambe Jember Tahun Pelajaran 2015/2016 |
Authors: | SRI, Handayani MOHAMAD, Na’im TRI, Susilo |
Keywords: | Metode Pembelajaran Pelajaran Peserta didik Fasilitator Metode Peserta didikan |
Issue Date: | 29-Jul-2017 |
Series/Report no.: | 140220303019; |
Abstract: | Metode Pembelajaran yang sesuai pelajaran sangat menentukan tingkat keberhasilan peserta didik dalam memahami pelajaran. Dalam hal ini Pendidik berperan penting sebagai fasilitator penentu metode Peserta didikan dalam pembentukan pola pikir dan pemahaman Peserta didik yang berkualitas.Pendidikan dalam prakteknya, tidak bisa dipisahkan dengan kegiatan belajar, yaitu kegiatan yang berproses dan merupakan unsur yang sangat mendasar dalam setiap penyelenggaraan jenis dan jenjang pendidikan. Dengan kata lain berhasil atau gagalnya pencapaian tujuan pendidikan itu sangat bergantung pada proses belajar yang dialami peserta didik. Sedangkan proses belajar mengajar yang dilakukan sebagian Pendidik masih berpusat pada Pendidik saja. Peserta didik kurang dilibatkan secara aktif dalam kegiatan belajar, sehingga proses Peserta didikan kurang memberikan kesempatan kepada Peserta didik untuk mengembangkan keterampilan dan kemampuannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, (1) Bagaimana pengaruh metodePembelajaran Inkuiri dan Resitasiterhadap hasil belajar Pendidikan Kewargangeraan pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Sumber Jambe Jember tahun pelajaran 2015/2016. (2), Bagaimana pengaruh gaya belajar Kognitif Field Independent dan Field Dependent terhadap hasil belajar Pendidikan Kewargangeraan pada peserta didik SMP Negeri 3 Sumber Jambe Jember tahun pelajaran 2015/2016. (3), Bagaimana Interaksi antara metode Pembelajaran Inkuiri dan Resitasidan gaya belajar Field Independent dan Field Dependent terhadap hasil belajar Pendidikan Kewargangeraan pada peserta didik SMP Negeri 3 Sumber Jambe Jember tahun pelajaran 2015/2016 Secara umum, tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui pengaruh metode Pembelajaran Inkuiri dan Resitasi. (2)untuk mengetahui pengaruh gaya belajar Field Independent dan Field Dependent terhadap hasil belajar (3) untuk mengetahui interaksi antara metode pembelajaran inkuiri dan resitasi dan gaya belajar indpendence dan fiel dependent terhadap hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Kewargangeraan pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Sumber Jambe Jember tahun pelajaran 2015/2016. Manfaat penelitian ini untuk praktisi pendidikan agar bisa menjadi landasan untuk terus mengembangkan dan meningkatkan inovasi metode dalam pembelajaran sehingga siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran di kelas. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah data nilai tes penggunaan metode Peserta didikan inkuiri, resitasi, gaya belajar kognitif (field independent dan field dependent) terhadap hasil belajar Peserta didik. Selanjutnya, peneliti mengolah data pretes dan postes hasil penelitian, maka peneliti menggunakan program SPSS 24.0 for windows. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang berasal dari hasil belajar pretes dan postes Data dikumpulkan dengan cara memberikan perlakuan atau treatment berupa pemberian metode Inkuri dengan gaya belajar field independence 10 responden dan gaya belajar dependence 9 responden serta metode resitasi gaya belajar independence 9 responden dan gaya belajar dependence 10 respodden. Berdasarkan hasill uji hipotesis dan analisis data maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan One Way Anovanilai signifikansi ρ= 0,003< 0,05 Artinya Ho ditolak dan Ha diterima. maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode Pembelajaran inkuiri dan resitasi terhadap hasil belajar Peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraa kelas VIII Peserta didik SMP Negeri 3 Sumber Jambe. Kemudian berdasarkan hasil uji gaya belajar field independence dan field dependen dengan One Way Anova menunjukan bahwa Nilai propabilitas atau Signifikansi 0,008< 0,05 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga kesimpulannya bahwa adapengaruh gaya belajar field independent terhadap hasil belajar Peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraa kelas VIII Peserta didik SMP Negeri 3 Sumber Jambe. Sedangkan interaksi antara metode Pembelajaran inkuiri dan Resitasi sebesar 0.04 < 0.05 Ho ditolak dan Ha diterima. maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode Pembelajaran inkuiri dan resitasi terhadap hasil belajarpada Peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraa kelas VIII Peserta didik SMP Negeri 3 Sumber Jambe. Dan untuk hasil gaya belajar (field independen dan dependen) terhadap hasil belajar menunjukan bahwa nilai Signifikansi hubungan keduanya 0,008 <0,05 Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga kesimpulannya bahwa adapengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar Peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraa kelas VIII Peserta didik SMP Negeri 3 Sumber Jambe. Untuk nilai Metode*gaya belajar terhadap terhadap hasil belajardengan signifikansi 0,005 <0,05 artinya Hoditolak dan Ha diterima. Penarikan kesimpulannya bahwa ada pengaruh metode belajar dilihat dari gaya belajar terhadap hasil belajar dan gaya belajarfield dependen lebih tinggi dari pada gaya belajar field independen. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Metode Pembelajaran inkuri sudah menunjukkan hasil yang signfikan dalam kegiatan Pembelajaran dan menunjukkan pengaruh yang positif tetapi tetapi gaya belajar tidak menunjukan pengaruh yang signifikan dalam proses pembelajaran. Maka hasil penlitian ini maka sudah semestinya pihak sekolah, pemerhati pendidikan dan penentu kebijakan (pemerintah) mulai mengembangkan metode Peserta didikan yang ada di sekolah-sekolah sebagai wahana meningkatkan prestasi belajar yang maksimal. selain tentunya sebagai wahana pembentukan kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik. |
URI: | http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/93791 |
Appears in Collections: | MT-Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
TRI SUSILO-140220303019-.pdf | 3.21 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.