Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/93612
Title: Pengembangan Model Pembelajaran RDEW (Reading, Discussing, Experiencing, and Writing) pada Pembelajaran IPA di SMP Perkebunan Kopi untuk Mengembangkan Keterapilan Metakognisi dan Hasil Belajar
Authors: Aisyafahmi, DINI
Keywords: RDEW (Reading, Discussing, Experiencing, and Writing)
Pembelajaran IPA
SMP Perkebunan Kopi
Issue Date: 4-Jul-2019
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Indonesia merupakan negara berkembang yang berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan. Pendidikan memiliki fungsi dapat memberdayakan potensi manusia untuk mewariskan, mengembangkan, serta membangun kebudayaan dan peradaban masa depan. Pendidikan berkulitas dapat dilakukan melalui proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik di perkebunan kopi yang diharapkan dapat memperdayakan keterampilan metakognisi dan hasil belajar IPA yaitu model pembelajaran RDEW (Reading, Discussing, Experiencing, and Writing). Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan model pembelajaran RDEW (Reading, Discussing, Experiencing, and Writing) yang valid, efektif dan praktis untuk mengembangkan keterampilan metakognisi dan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan tahap-tahap penelitian 4D yang terdiri atas beberapa tahapan yaitu define, design, develop, and dessiminate. Subjek penelitian pengembangan kelas VII siswa SMP/MTs. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes tulis, angket kuesioner serta pengisian lembar validasi. Analisis data kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan menggunakan data kuantitatif deskriptif.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/93612
Appears in Collections:MT-Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Dini Aisyafahmi-170220104018.pdf1.21 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.