Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/93612
Title: | Pengembangan Model Pembelajaran RDEW (Reading, Discussing, Experiencing, and Writing) pada Pembelajaran IPA di SMP Perkebunan Kopi untuk Mengembangkan Keterapilan Metakognisi dan Hasil Belajar |
Authors: | Aisyafahmi, DINI |
Keywords: | RDEW (Reading, Discussing, Experiencing, and Writing) Pembelajaran IPA SMP Perkebunan Kopi |
Issue Date: | 4-Jul-2019 |
Publisher: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Abstract: | Indonesia merupakan negara berkembang yang berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan. Pendidikan memiliki fungsi dapat memberdayakan potensi manusia untuk mewariskan, mengembangkan, serta membangun kebudayaan dan peradaban masa depan. Pendidikan berkulitas dapat dilakukan melalui proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik di perkebunan kopi yang diharapkan dapat memperdayakan keterampilan metakognisi dan hasil belajar IPA yaitu model pembelajaran RDEW (Reading, Discussing, Experiencing, and Writing). Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan model pembelajaran RDEW (Reading, Discussing, Experiencing, and Writing) yang valid, efektif dan praktis untuk mengembangkan keterampilan metakognisi dan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan tahap-tahap penelitian 4D yang terdiri atas beberapa tahapan yaitu define, design, develop, and dessiminate. Subjek penelitian pengembangan kelas VII siswa SMP/MTs. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes tulis, angket kuesioner serta pengisian lembar validasi. Analisis data kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan menggunakan data kuantitatif deskriptif. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/93612 |
Appears in Collections: | MT-Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Dini Aisyafahmi-170220104018.pdf | 1.21 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.