Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/93294
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | NA'IM, Mohammad | - |
dc.contributor.advisor | PUJI, Rully Putri Nirmala | - |
dc.contributor.author | IRFAN, Mohammad | - |
dc.date.accessioned | 2019-10-10T01:30:32Z | - |
dc.date.available | 2019-10-10T01:30:32Z | - |
dc.date.issued | 2019-10-10 | - |
dc.identifier.nim | NIM140210302013 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/93294 | - |
dc.description.abstract | Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis dalam pembelajaran sejarah melalui penerapan problem based learning dengan media audio visual pada peserta didik Kelas XI IPS 1 SMAN 1 Arjasa tahun ajaran 2018/2019; (2) untuk meningkatkan hasil belajar sejarah melalui penerapan problem based learning dengan media audio visual pada peserta didik kelas XI IPS 1 SMAN 1 Arjasa tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 1 SMA Negeri Arjasa, dengan jumlah 35 peserta didik. Desain penelitian ini menggunakan model penelitian Kemmis & Taggrat dengan 4 tahapan tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus. Metode pengumpulan data dalam penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumenter. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dan hasil belajar sejarah. Pada siklus 1 persentase kemampuan berpikir kritis peserta didik secara klasikal 52,40%, pada siklus 2 meningkat menjadi 66,23%, pada siklus 3 meningkat menjadi 77,67% . Pada siklus 1 hasil belajar memperoleh persentase sebesar 78,34%, pada siklus 2 memperoleh persentase 80,4% pada siklus 3 memperoleh persentase 81,71%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) penerapan problem based learning dengan media audio visual dapat meningkatkan kemampuan berfikir krtitis peserta didik kelas XI IPS 1 SMA Negeri Arjasa tahun ajaran 2018/2019; (2) penerapan problem based learning dengan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI IPS 1 SMA Negeri Arjasa tahun ajaran 2018/2019; Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar sejarah diketahui setelah melakukan penelitian persiklus menggunakan pembelajaran problem based learning. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 140210302013; | - |
dc.subject | Problem Based Learning | en_US |
dc.subject | Media Audio Visual | en_US |
dc.subject | Pembelajaran Sejarah | en_US |
dc.title | Implementasi Problem Based Learning dengan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Tingkat Dasar dan Hasil Belajar Sejarah Peserta Didik Kelas XI IPS 1 SMA 1 Arjasa Tahun Ajaran 2018/2019 | en_US |
dc.type | Undergraduat Thesis | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Mohammad Irfan -140210302013_.pdf | 5.26 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools