Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/93192
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | NA'IM, Mohammad | - |
dc.contributor.advisor | SUMARDI | - |
dc.contributor.author | INAYATI, Siti | - |
dc.date.accessioned | 2019-10-08T07:06:40Z | - |
dc.date.available | 2019-10-08T07:06:40Z | - |
dc.date.issued | 2019-10-05 | - |
dc.identifier.nim | 140210302046 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/93192 | - |
dc.description.abstract | Mata pelajaran sejarah merupakan salah satu mata pelajaran yang menunjang pembelajaran yang lebih menekankan pada nilai-nilai kebangsaan, moral dan pembentukan karakter yang berorientasi pada kurikulum 2013. Namun mata pelajaran sejarah selama ini kurang diminati oleh peserta didik pada umumnya dan tidak penting dalam kehidupan sehari-hari menurut masyarakat. Persoalan yang sering ditemui pada pembelajaran sejarah adalah adanya image yang sangat kuat dikalangan siswa bahwa mata pelajaran sejarah adalah mata pelajaran yang bersifat hafalan, kurang menarik, dan membosankan. Dengan demikian pendidik diharuskan mampu mengemas seluruh materi sejarah yang sangat luas menjadi lebih ringkas dan mudah dipahami. Hal tersebut dapat diatasi melalui pengembangan media pembelajaran yang lebih bervariasi. Solusi yang dapat diberikan adalah mengembangkan media pembelajaran berupa mindmap menggunakan Aplikasi Mindjet Mindmanager 14 yang tervalidasi dan diuji keefektifannya, sehingga rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana hasil validasi ahli terkait pengembangan media pembelajaran menggunakan Aplikasi Mindjet Mindmanager 14?, (2) Apakah media pembelajaran menggunakan aplikasi Mindjet Mindmanager 14 dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran sejarah?. Kemudian tujuan dari penelitian ini diantaranya: (1) untuk mengembangkan media pembelajaran pada materi “masuk dan berkembangnya Agama dan Kebudayaan Hindu Buddha di Indonesia” yang dinyatakan valid dan layak, (2) pengembangan media pembelajaran menggunakan aplikasi Mindjet Mindmanager 14 diharapkan mampu membuat proses pembelajaran sejarah lebih efektif dan meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi sejarah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang menggunakan model 4D sebagai alur tahapan penelitian. Terdapat empat tahapan dalam model 4D yaitu define (pendefinisian), design (pendesainan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Pengumpulan data penelitian menggunakan beberapa teknik, diantaranya; (1) wawancara, (2) angket, dan (3) dokumentasi. Subjek penelitian ini melibatkan 1 orang pendidik mata pelajaran sejarah dan peserta didik sebanyak 29 orang di kelas X SMAN Rambipuji. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Produk yang dihasilkan berupa media pembelajaran mindmap menggunakan aplikasi Mindjet Mindmanager 14 kemudian divalidasi oleh tiga ahli yaitu ahli isi bidang studi dengan nilai 78% yang masuk kategori “baik”, ahli media dan desain dengan nilai 92% yang masuk pada kategori “sangat baik”, dan ahli bahasa dengan nilai 94% yang masuk pada kategori “sangat baik”. Setelah dinyatakan layak, produk diuji coba pada pengguna. Pada uji coba perorangan yang dilakukan kepada pendidik mendapatkan nilai 84%, selanjutnya dilakukan uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Uji coba menggunakan soal pretest dan posttest dengan hasil uji coba kelompok kecil yang dilakukan oleh 9 peserta didik telah mampu meningkatkan hasil belajar sebesar 27,44. Uji coba kelompok besar yang dilakukan oleh peserta didik telah mampu meningkatkan hasil belajar sebesar 30,62. Uji efektivitas menggunakan rumus gain score didapatkan nilai 0,8 yang masuk ke dalam kategori tinggi. Dari hasil yang telah dipaparkan diatas, dapat diambil kesimpulan: (1) media pembelajaran menggunakan aplikasi Mindjet Minmanager 14 telah tervalidasi ahli dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran sejarah kelas X Sekolah Menengah Atas, dan (2) media pembelajaran menggunakan aplikasi Mindjet Mindmanager 14 efektif meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi sejarah. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.subject | Media pembelajaran | en_US |
dc.subject | Aplikasi Mindjet Mindmanager | en_US |
dc.subject | Mindjet Mindmanager 14 | en_US |
dc.subject | Pelajaran Sejarah | en_US |
dc.title | Pengembangan Media Pembelajaran menggunakan Aplikasi Mindjet Mindmanager 14 pada mata Pelajaran Sejarah Kelas X SMA dengan Model 4D | en_US |
dc.type | Undergraduat Thesis | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Siti Inayati - 140210302046.pdf | 4.02 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools