Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/93103
Title: Implementasi Pembelajaran Fisika Menggunakan Kegiatan Laboratorium Real dan Virtual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pokok Bahasan Teori Kinetik Gas
Authors: HARIJANTO, Alex
PRASTOWO, Handono Budi
LESTARI, Febrianti Dwi
Keywords: Pembelajaran Fisika
Kinetic Gas
Issue Date: 4-Oct-2019
Series/Report no.: 150210102041;
Abstract: Jenis penelitian ini adalah komparasi . Penelitian yang dilakukan dengan memberikan dua perlakuan yang berbeda pada dua kelas ekperimen. Penelitian ini akan dilaksanakan di salah satu SMAN/MAN yang ada di Jember. Dalam penelitian ini, yang menjadi subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri Ambulu. Sampel diambil dari kelasXI IPA dengan pemilihan dua kelas yaitu kelas eksperimen 1 dan kelas kelas eksperimen 2. Metode pengumpulan data penelitian ini yaitu berupa instrumen lembar kerja siswa sebagai observasi penilaian keterampilan proses sains siswa, serta post test berupa pertanyaan pilihan ganda sebagai penilaian hasil belajar aspek kognitif. Data dari hasil penelitian , kemudian datanya dianalisis untuk mengetahui perbedaan terhadap keterampilan proses sains serta hasil belajarnya menggunakan kegiatan laboratorium real dengan virtual pada pokok bahasan teori kinetik gas. Desain penelitian yang digunakan diantaranya Memilih dua kelompok subjek untuk dijadikan kelompok eksperimen 1 dan kelompok eksperimen 2, Memberikan pre test untuk kedua kelas eksperimen , Melaksanakan perlakuan pada kelas eksperimen 1 dengan menerapkan pembelajaran berbasis laboratorium real, Melaksanakan perlakuan pada kelas eksperimen 2 dengan menerapkan pembelajaran berbasis laboratorium virtual, Melakukan observasi untuk mengamati keterampilan proses sains siswa, Memberikan post test pada kedua kelas eksperimen , Menganalisis data yang diperoleh, Melakukan pembahasan dari hasil analisis data, serta Menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, skor rata rata keterampilan proses sains dikelas eksperimen 1 (XI IPA 1) sebesar 23.1 atau 85% sedangkan di kelas eksperimen 2 (XI IPA 2) sebesar 20.7 atau 77%. Hal ini menunjukkan bahwa skor rata-rata keterampilan proses sains siswa di kelas eksperimen 1 (XI IPA 1) lebih tinggi dibandingkan skor rata-rata keterampilan proses sains siswa di kelas eksperimen 2 (XI IPA 2). Sedangkan skor rata rata nilai post testdi kelas eksperimen 1 (XI IPA 1) sebesar 63.7 atau 63.7% sedangkan di kelas eksperimen 2 (XI IPA 2) sebesar 51 atau 51%. Dari kelas eksperimen 1 (XI IPA 1) memiliki kriteria hasil belajar siswa berkategori tinggi , sedangkan kelas eksperimen 2 (XI IPA 2) memiliki kriteria hasil belajar siswa berkategori sedang.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/93103
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Febrianti Dwi Lestari - 150210102041_.pdf8.39 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools