Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/93094
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | MUTROFIN | - |
dc.contributor.advisor | FITRIYAH, Chumi Zahroul | - |
dc.contributor.author | ERNAWATI, Duwi | - |
dc.date.accessioned | 2019-10-04T02:40:41Z | - |
dc.date.available | 2019-10-04T02:40:41Z | - |
dc.date.issued | 2019-10-04 | - |
dc.identifier.nim | NIM150210204024 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/93094 | - |
dc.description.abstract | Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Peneliti menggunkan analisis deskriptif untuk menganalisis nilai-nilai apa saja yang ada di dalam buku tematik siswa, dalam penelitian ini adalah nilai-nilai karakter yang ada pada buku tematik siswa berjumlah 17 nilai yaitu nilai religius, nilai jujur, nilai toleransi, nilai disiplin, nilai bekerja keras, nilai kreatif, nilai mandiri, nilai demokratis, nilai rasa ingin tahu, nilai semangat kebangsaan, nilai cinta tanah air, nilai menghargai prestasi, nilai komunikatif, nilai cinta damai, nilai gemar membaca, nilai peduli lingkungan, nilai peduli sosial dan nilai bertanggung jawab. Metode pada penelitian ini menggunakan metode analisis isi dan dokumentasi. Metode analisis isi ini yang akan dilakukan oleh peneliti yaitu untuk melihat isi buku yang akan di teliti secara objektif. Metode analisis isi sangat penting digunakan dalam suatu penelitian, karena metode analisi isi ini merupakan salah satu tujuan utama. Sedangkan metode dokumentasi dalam penelitian ini adalah dokumen yang berupa teks bacaan keterangan (ayo membaca) mengenai nilai-nilai karakter pada buku tematik siswa. Objek penelitian ini menggunkan buku tematik siswa kelas IV tema Indahnya Keragaman di Negeriku edisi revisi 2017. Teknik analisis data yang dilakukan terdiri atas tiga tahap, yaitu tahap pereduksian data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan pengamatan terhadap buku tematik siswa kurikulum 2013 edisi terbaru 2017 kelas 4 tema indahnya keragaman di negeriku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan pengamatan terhadap buku tematik siswa kurikulum 2013 edisi terbaru 2017 kelas 4 tema indahnya keragaman di negeriku. Hasil analisis yang diperoleh yaitu terdapat 17 nilai-nilai karakter pada buku tematik siswa kelas IV tema Indahnya Keragaman di Negeriku. Adapun rincian jumlah keseluruhan nilai yaitu jumlah nilai karakter yang ditemukan sebanyak 717 nilai karakter. Jumlah tersebut merupakan akumulasi dari tiga subtema. Subtema 1 indahnya keragaman suku bangsa dan agama di negeriku. Subtema 2 indahnya keragaman budaya negeriku. Subtema 3 yaitu indahnya persatuan dan kesatuan negeriku. Adapun rincian jumlah kseluruhan setiap nilai-nilai karakter yaitu 391 nilai cinta tanah air, 106 nilai toleransi, 46 nilai semangat kebangsaan, 32 nilai kreatif, 33 nilai mandiri, 3 nilai gemar membaca, 20 nilai peduli lingkungan, 23 nilai komunikatif, 12 nilai cinta damai, 11 nilai religius, 1 nilai jujur, 7 nilai disiplin, 3 nilai bekerja keras, 9 nilai rasa ingin tahu, 11 nilai menghargai prestasi, 8 nilai peduli sosial dan 3 nilai tanggung jawab. Berdasarkan hasil analisis nilai-nilai karakter pada buku tematik siswa kelas IV tema indahnya keragaman di negeriku edisi revisi 2017 tedapat 17 nilainilai karakter. Buku tematik siswa tersebut nilai yang paling muncul yaitu nilai cinta tanah air dan nilai toleransi. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 150210204024; | - |
dc.subject | Pendidikan karakter | en_US |
dc.subject | Peserta Didik | en_US |
dc.title | Analisis Nilai-Nilai Karakter Pada Buku Tematik Siswa Kelas Iv Tema Indahnya Keragaman di Negeriku | en_US |
dc.type | Undergraduat Thesis | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Duwi Ernawati -150210204024_.pdf | 3.39 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools