Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/93061
Title: Pengembangan Media Komik Pembelajaran Tema Sehat Itu Penting Pada Siswa Kelas V SDN Kepatihan 01 Jember
Authors: IRVAN, Muhtadi
AGUSTININGSIH
DININGRUM, Nira
Keywords: Media pembelajaran
Media komik
Tematik terpadu
Issue Date: 1-Oct-2019
Abstract: Perkembangan kognitif siswa sekolah dasar berada pada tahap operasional konkret. Pada tahap ini, mereka telah dapat berpikir logis terhadap obyek konkret disekitarnya. Oleh karena itu, penyampaian materi akan lebih efektif jika dibantu oleh sebuah media yang dapat mengasah tingkat keaktifan dan berpikir mereka. Pada kenyataannya, pembelajaran di sekolah dasar tidak selalu mendukung karakteristik dan kebutuhan siswa. Pembelajaran di kelas lebih banyak menyampaikan materi secara verbalistik. Sumber belajar dan media yang terbatas menyebabkan siswa kurang memahami materi pembelajaran dan kurang termotivasi untuk belajar. Berdasarkan hal tersebut, maka guru perlu menciptakan sebuah pembelajaran yang menarik dan menyenangkan, sesuai dengan karakteristik siswa supaya mempermudah siswa memahami materi pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah proses dan keefektifan pengembangan media komik pembelajaran tema Sehat Itu Penting pada siswa kelas V SDN Kepatihan 01 Jember. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan keefektifan media komik pembelajaran tema Sehat Itu Penting pada siswa kelas V SDN Kepatihan 01 Jember. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model penelitian pengembangan (R&D) oleh Borg and Gall (dalam Masyhud, 2016:227). Penelitian ini terdiri dari 8 tahap, yaitu: (1) penelitian pendahuluan, (2) perencanaan dan pengembangan produk, (3) pengembangan desain produk awal, (4) validasi desain produk, (5) revisi desain produk, (6) uji coba penggunaan, (7) revisi desain produk, dan (8) uji coba keefektifan. Hasil analisis data validasi media pembelajaran oleh validator mendapatkan skor 86,4 dan merupakan kategori sangat layak. Hal ini menunjukkan bahwa komik pembelajaran pada tema Sehat Itu Penting dengan judul “Petualangan di Lorong SiPerDa” sudah valid dan siap digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis t-test, komik pembelajaran pada tema Sehat Itu Penting dengan judul “Petualangan di Lorong SiPerDa” dinyatakan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Perhitungan uji t pada ranah kognitif diketahui bahwa t-empirik>t-tabel (4,848>1,992). Dengan demikian, diketahui bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan media komik pembelajaran tema Sehat Itu Penting dengan judul “Petualangan di Lorong SiPerDa” dengan hasil belajar siswa pada kelas yang tidak menggunakan komik pembelajaran tersebut. Dari hasil uji keefektifan relatif, diketahui bahwa hasil belajar ranah kognitif siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan komik pembelajaran tema Sehat Itu Penting dengan judul “Petualangan di Lorong SiPerDa” menunjukkan lebih efektif 49,6% jika dibandingkan dengan hasil belajar ranah kognitif siswa pada kelas kontrol yang tidak menggunakan media komik pembelajaran tersebut. Keefektifan media komik pembelajaran juga dapat dilihat dari respon siswa. Media komik pembelajaran mendapatkan respon positif dari siswa dengan persentase nilai mencapai 96% atau dalam kategori sangat baik. Berdasarkan pemaparan di atas, dapat disimpulkan bahwa komik pembelajaran tema Sehat Itu Penting dengan judul “Petualangan di Lorong SiPerDa” sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran oleh guru serta memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/93061
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Nira Diningrum-150210204093.pdf6.08 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools