Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/93052
Title: Pengaruh Penerapan Teori van Hiele terhadap Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Luas Persegi, Persegi Panjang, dan Segitiga Siswa Kelas IV
Authors: SUGIARTI, Titik
HUTAMA, Fajar Surya
NINGSITA
Keywords: Penerapan teori
Teori van Hiele
Hasil belajar
Pokok bahasan
Luas persegi
Persegi panjang
Issue Date: 1-Oct-2019
Abstract: Kegiatan pembelajaran di SD Muhamadiyah 1 Jember sudah menggunakan Kurikulum 13 akan tetapi dalam pembelajaran matematika guru tidak sepenuhnya menerapkan pada buku guru, sehingga membuat siswa menjadi pasif saat pembelajaran dan hasil belajar siswa belum maksimal. Penelitian ini menerapkan teori belajar van Hiele dalam pembelajaran Matematika pokok bahasan luas persegi, persegi panjang, dan segitiga. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh yang signifikan penerapan teori van Hiele terhadap hasil belajar pokok bahasan luas persegi, persegi panjang dan segitiga siswa kelas IV di SD Muhammadiyah 1 Jember semester genap tahun pelajaran 2018/2019? Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasi experimental). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes objektif dalam bentuk soal-soal pilihan ganda. Analisis data pada penelitian ini adalah nilai posttest yang diperoleh setelah diberikan perlakuan atau treatment pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling (acak). Hasil undian menunjukkan kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol. Sebelum menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, dilakukan uji homogenitas dengan menggunakan nilai pretest kedua kelas yang kemudian diuji menggunakan uji levene test dengan menggunakan SPSS versi 16. Berdasarkan hasil uji homogenitas yang telah dilakukan pada kedua kelas, dapat diketahui koefisien F diperoleh sebesar 0,777. Hal tersebut menunjukkan bahwa koefisien F lebih besar dari 0,05 (0,777 > 0,05). Jadi dapat disimpulkan bahwa kedua kelas tersebut yaitu kelas IVA dan IVB tingkat kemampuan siswa sebelum diberikan perlakukan (treatment) kondisinya adalah homogen. Data yang dianalisis pada penelitian ini adalah nilai posttest yang diperoleh setelah diberikan perlakuan atau treatment pada kelas eksperimen (IVA) dan kontrol (IVB). Penghitungan uji-t dilakukan dengan menggunakan program SPSS versi 16. Nilai ttabel yang digunakan yaitu nilai ttabel pada taraf kepercayaan 95% atau taraf signifikansi 0,05 dengan menggunakan uji-t sampel terpisah. Berdasarkan hasil perhitungan dengan program SPSS Statistic versi 16, diperoleh rata-rata nilai pada postest pada kelas eksperimen sebesar 73,90, sedangkan ratarata nilai postest pada kelas kontrol sebesar 60,94. Hasil perhitungan uji-t dengan menggunakan program SPSS Statistic versi 16 diperoleh hasil thitung sebesar 6,038. Hasil tersebut kemudian dikonsultasikan dengan ttabel, dengan db = (31 + 32) - 2 = 61 pada taraf signifikansi 5%, dan diperoleh nilai ttabel sebesar 1,671. Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel yaitu 6,038 > 1,671. Berdasarkan analisis tersebut diperoleh thitung > ttabel (6,038 > 1,671), dengan demikian hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Jadi terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran dengan menerapkan teori van Hiele terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan luas persegi, persegi panjang, dan segitiga pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah 1 Jember. Guru dapat menerapkan teori van Hiele dalam pembelajaran geometri. Karena berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan, penggunaan teori van Hiele dalam pembelajaran geometri terbukti lebih baik dibandingkan dengan metode diskusi. Guru hrus memperhatikan faktor internal yang mempengaruhi hasil belajar siswa terutama pada minat, perhatian dan motivasi belajar siswa.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/93052
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Ningsita - 150210204152.pdf6.55 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools