Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/93043
Title: Pengaruh Permainan Bahasa Bisik Berantai Terhadap Kemampuan Menyimak Anak Kelompok A Di TK Dharma Indria 1 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember
Authors: KHUTOBAH
SUHARTININGSIH
KHOTIMAH, Nafis Khoirun
Keywords: Permainan bahasa
bahasa bisik berantai
Kemampuan menyimak
metode pembelajaran
Issue Date: 1-Oct-2019
Abstract: Kemampuan bahasa sangat penting untuk dikembangkan karena dalam kemampuan bahasa anak akan mempelajari kosakata yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah kata yang dikuasai anak. Adapun empat kemampuan dasar bahasa anak yang harus dimiliki anak yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Keempat kemampuan tersebut saling berkaitan satu sama lain untuk membentuk suatu keterampilan berbahasa yang utuh. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara pada saat pelaksanaan program Kuliah Kerja-Praktek Lapangan Persekolahan (KK-PLP) Posdaya di TK Dharma Indria 1 Patrang, ditemukan bahwa kemampuan menyimak pada anak kelompok A masih rendah. Hal ini dikarenakan metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru dalam menyampaikan materi masih kurang menarik yaitu menggunakan metode ceramah dan media yang digunakan selalu monoton, sehingga anak kurang tertarik dengan apa yang dijelaskan guru dan anak cepat bosan dan jenuh dengan pembelajaran yang diterima. Berdasarkan uraian pada latar belakang, maka penellitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: Adakah pengaruh permainan bahasa bisik berantai terhadap kemampuan menyimak anak kelompok A di TK Dharma Indria I Patrang?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan bahasa bisik berantai terhadap kemampuan menyimak anak kelompok A di TK Dharma Indria I Patrang. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan jenis rancangan Nonequivalent control group design. Penelitian ini bertempat di TK Dharma Indria I Kecamatan Patrang Kabupaten Jember pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Metode pengambilan datanya menggunakan observasi dan dokumentasi. Uji validitas dan uji realibitasnya menggunakan rumus Spearman. Analisis datanya menggunakan uji t-test Independent sample dengan membandingkan thitung dan ttabel, dan uji keefektivitas relative (ER) untuk mengetahui tingkat keefektifan. Hasil perhitungan uji hipotesis melalui uji t dua sampel terpisah menunjukkan hasil kemampuan menyimak anak mendapat nilai rata-rata beda pre-tes dan post-test pada kelompok eksperimen A1 (Mx) sebesar 9,523571 dan kelompok kontrol A2 (My) sebesar 5,556667. Hasil perhitungan dengan rumus ujit secara manual dan SPSS diperoleh thitung= 3,834, kemudian dibandingkan dengan ttabel dengan db = 24 pada taraf siginifikansi 5% sehingga diperoleh ttabel= 2,064. Hasil analisis tersebut, diperoleh thitung> ttabel (3,834> 2,064), sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan kemampuan menyimak anak yang diajar menggunakan permainan bahasa bisik berantai dengan yang diajar tanpa menggunakan permainan bahasa bisik berantai. Saran yang dapat disampaikan yaitu hendaknya guru melakukan variasi kegiatan dalam pembelajran menyimak dan menggunakan permainan bahasa bisik berantai sebagai alternatif untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak. Bagi Kepala Sekolah hendaknya memotivasi para guru untuk mengembangkan keterampilan menyimak anak mengingat kemampuan menyimak sangat penting dalam perkembangan bahasa anak dan hendaknya lebih aktif memperkenalkan metode yang dapat mengembangkan keterampilan menyimak anak.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/93043
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
NAFIS KHOIRUN KHOTIMAH - 150210205084.pdf6.16 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools