Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/92981
Title: Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus Pada Siswa Kelas VIII di SMP Plus Sunan Drajat Jember Mata Pelajaran IPS Kompetensi Dasar Mengidentifikasi Bentuk Pasar Dalam Kegiatan Ekonomi Masyarakat Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019)
Authors: KANTUN, Sri
KARTINI, Titin
RIZAL, M. Saiful
Keywords: Problem Based Learning
Minat belajar siswa
Hasil belajar siswa
Model pembelajaran
Issue Date: 26-Sep-2019
Abstract: Model pembelajaran adalah seluruh rangkaian kegiatan yang digunakan guru untuk memberikan materi kepada siswa. Model pembelajaran digunakan untuk menarik minat belajar siswa sehingga siswa lebih tertarik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Menurut Moffit (dalam Rusman, 2010:241) model Problem Based Learning (PBL) merupakan model pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks bagi siswa untuk belajar tentang berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah serta untuk memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensi dari materi pelajaran. Pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning ini diharapkan dapat meningkatkan minat belajar siswa sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kualititatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penentuan tempat atau lokasi penelitian ini menggunakan metode purposive area, yaitu pemilihan tempat atau lokasi penelitian dilakukan dengan sengaja dan ditentukan sendiri oleh peneliti. Penelitian ini dilakukan di SMP Plus Sunan Drajat Jember dikelas VIII. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII, penentuan kelas VIII di SMP Plus Sunan Drajat Jember sebagai objek dari penelitian, karena kelas VIII merupakan kelas heterogen yang dapat mewakili subjek dari berbagai tingkat minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan 4 (empat) metode yaitu metode observasi, metode wawancara, metode dokumen, metode tes. Analisis data yang digunakan untuk mendapatkan kesimpulan dari kumpulan data yang diperoleh. Pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif terhadap data yang terdapat dari hasil observasi dan wawancara. Berdasarkan penelitian dan analisis data yang dilakukan dapat diketahui bahwa penelitian tindakan kelas tentang model Problem Based Learning (PBL), dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS kompetensi dasar mengidentifikasi bentuk pasar dalam kegiatan ekonomi masyarakat kelas VIII di SMP Plus Sunan Drajat Jember Tahun Ajaran 2018/2019. Skor minat belajar siswa sebelum menerapkan model Problem Based Learning (PBL) sebesar 1,85 dengan kategori rendah, sedangkan skor minat belajar siswa pada siklus I sebesar 2,67 dengan kategori sedang, dan skor pada siklus II sebesar 3,62 yang masuk dalam kategori tinggi. Penerapan model Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa dengan penerapan model Problem Based Learning (PBL) pada siklus 1 memiliki ratarata sebesar 78,03 yang mengalami peningkatan pada siklus 2 yaitu dengan ratarata 86,42. Sedangkan untuk ketuntasan klasikal pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 71,42%, dan pada siklus II persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 92,86%. Hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Plus Sunan Drajat Jember Tahun Ajaran 2018/2019 mengalami peningkatan setelah penerapan model Problem Based Learning (PBL). Jadi, adanya penerapan model pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92981
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
M. SAIFUL RIZAL - 130210301069.pdf5.58 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools