Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/92911
Title: Efektifitas Media Elektronik Crocodile Physics: Optic Dalam Pembelajaran Fisika Di SMA
Authors: Sutarto
Supriadi, Bambang
QURNIAWAN, Shodiqoh
Keywords: Efektifitas
Media Elektronik
Optik
Issue Date: 23-Sep-2019
Series/Report no.: 1402010102042;
Abstract: Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, diperoleh data yang menunjukkan peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen 1 sebesar 0,71692 dan kelas eksperimen 2 sebesar 0,73009. Mengingat kedua nilai tersebut berada diantara rentang nilai 0,70 ≤ n ≤ 1,00, maka peningkatan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan media simulasi Crocodile Physics dapat dikategorikan tinggi. Selain itu, berdasarkan rekapitulasi angket pengamatan yang dilakukan viii oleh tiga observer, diperoleh data yang menunjukan persentase keaktifan siswa dan kesinambungan antara kegiatan yang disusun dalam RPP dan realisasi dalam pembelajaran yang dilakukan oleh guru sebesar 68,33 oleh observer 1, 66, 67 oleh observer 2, dan 65 oleh observer 3. Data terakhir yang didapat dalam penelitian ini adalah data daya retensi siswa. Pada data ini diperoleh data yang menunjukan persentase pengaruh penggunaan media simulasi Crocodile Physics. Pada kelas eksperimen 1 diproleh data persentase sebesar 99,35, dan pada kelas eksperimen 2 diperoleh persentase sebesar 102,65. Hal ini dapat diartikan bahwa daya retensi siswa tinggi, mengingat data persentase tersebut nilainya lebih dari 60. Berdasarkan uraian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa media simulasi Crocodile Physics efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran fisika disekolah dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa serta daya retensi siswa yang tinggi.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92911
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Shodiqoh Qurniawan-140210102042_1.pdf2.07 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools