Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/92867
Title: | Pengembangan Modul Digital Berbasis Inquiry Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X dengan Model 4D |
Authors: | Umamah, Nurul Soepeno, Bambang ROSITA, Ria |
Keywords: | student centered learning inquiry modul digital |
Issue Date: | 19-Sep-2019 |
Series/Report no.: | 150220303004; |
Abstract: | Tuntutan pembelajaran pada dewasa ini sudah mengharuskan pembelajaran dengan pendekatan student centered learning dan difasilitasi dengan teknologi, sehingga menghasilkan pembelajaran yang berkualitas. Faktanya pembelajaran sejarah dianggap sebagai pelajaran yang membosankan karena bahan ajar yang digunakan kurang menarik. Model dalam pembelajaran sejarah biasanya menggunakan model ceramah sehingga daya tarik belajar sejarah peserta didik rendah. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut seorang pendidik menemukan cara baru untuk memperbaiki kualitas, produktivitas, dan efisiensi dalam pembelajaran. Untuk mengikuti perkembangan teknologi pendidik perlu menggunakan modul digital berbasis inquiry. Penggunaan modul digital berbasis inquiry menarik peserta didik untuk aktif dalam pembelajaran sejarah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah hasil validasi dari ahli isi materi pembelajaran, ahli bahasa, dan ahli media dan desain pembelajaran terhadap modul digital berbasis inquiry pada mata pelajaran Sejarah Kelas X dengan model 4D; (2) bagaimanakah daya tarik peserta didik kelas X SMA terhadap pembelajaran sejarah dengan menggunakan modul digital berbasis inquiry; (3) bagaimanakah efektivitas modul digital berbasis inquiry pada mata pelajaran kelas X SMA dengan model 4D sebagai sumber belajar peserta didik dalam pembelajaran sejarah. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92867 |
Appears in Collections: | MT-Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
RIA ROSITA-150220303004_1.pdf | 4.54 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.