Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/92572
Title: Efek Tata Kelola Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Kinerja Perusahaan Serta Corporate Social Responsibility (Studi Empiris Perusahaan Yang Terdaftar di Corporate Governance Perception Index)
Authors: WARDAYATI, Siti Maria
MIQDAD, Muhammad
ANUGRAH, Yuli Dwi Yusrani
Keywords: Tata Kelola Perusahaan
Corporate Social Responsibility
Issue Date: 5-Sep-2019
Series/Report no.: 160820301012;
Abstract: Good Coorporate Governance mempunyai keterkaitan erat dengan Corporate Social Responsibility. Seperti dua sisi mata uang, yang memiliki kedudukan kuat dalam dunia bisnis dan berhubungan satu sama lain. Hal ini dibuktikan dengan Corporate Social Responsibility yang berorientasi kepada para stakeholders, ini sejalan dengan salah satu prinsip Good Coorporate Governance yaitu responsibility. Profitabilitas suatu perusahaan merupakan salah satu bentuk kinerja perusahaan, semakin tinggi profitabilitas yang dimiliki perusahaan maka menggambarkan semakin baik pula kinerja perusahaan tersebut. Semakin baik kinerja keuangan yang dimiliki investor perusahaan, maka akan memiliki kepercayaan yang tinggi untuk mengungkapkan tanggung jawab sosialnya. Tujuan perusahaan dalam penerapan Good Coorporate Governance untuk membangun citra perusahaan dan memenuhi tanggung jawab kepada stakeholder, masyarakat dan kesejahteraan karyawannya. Untuk memenuhi tujuan tersebut maka perushaan dapat melaksanakan Corporate Social Responsibility sehingga tercipta hubungan dengan Kinerja Perusahaan. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui 1) pengaruh tata kelola perusahaan yang baik terhadap tanggung jawab social; 2) pengaruh Profitabilitas terhadap tanggung jawab social; 3) pengaruh tata kelola perusahaan yang baik terhadap kinerja perusahaan 4) pengaruh Profitabilitas terhadap kinerja perusahaan; 5) pengaruh Corporate Social Responsibilityt erhadap kinerja perusahaan. Penelitian ini menggunakan objek penelitian pada perusahaan yang terdaftar di Corporate Governance Perception Index. Periode data penelitian yang digunakan 3 tahun yaitu tahun 2014, 2015, 2016. Populasi penelitian sejumlah 132 perusahaan, dengan sampel penelitian yang memenuhi kriteria sesuai puprosive sampling sejumlah 33 perusahaan. Hasil penelitian membuktikan bahwa 1) tata kelola perusahaan yang baik (GCG) berpengaruh terhadap Corporate Social Responsibility dengan nilai Standardized Coefficients Beta sebesar -0,378 dan signifikansi 0,006 < 0,05 (α = 0,05); 2) Profitabilitas tidak berpengaruh terhadap Corporate Social Responsibility, dengan nilai Standardized Coefficients Beta sebesar 0,165 dan signifikansi 0,413 > 0,05 (α = 0,05); 3) tata kelola perusahaan yang baik (GCG) tidak berpengaruh terhadap kinerja perusahaan dengan nilai Standardized Coefficients Beta sebesar 0,023 dan signifikansi 0,916 > 0,05 (α = 0,05); 4) Profitabilitas tidak berpengaruh terhadap Kinerja Perusahaan dengan nilai Standardized Coefficients Beta sebesar 0,045 dan signifikansi 0,834 > 0,05 (α = 0,05); 5) Corporate Social Responsibility tidak berpengaruh terhadap kinerja perusahaan dengan nilai Standardized Coefficients Beta sebesar 0,228 dan signifikansi 0,223 > 0,05 (α = 0,05).
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92572
Appears in Collections:MT-Accounting

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Yuli Dwi Yusrani Anugrah - 160820301012_.pdf3.24 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.