Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/92421
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorPrihandoko, Antonius Cahya-
dc.contributor.advisorHidayat, Muhamad Arief-
dc.contributor.authorAMARITA, Kiki-
dc.date.accessioned2019-09-03T03:12:51Z-
dc.date.available2019-09-03T03:12:51Z-
dc.date.issued2019-09-03-
dc.identifier.nimNIM112410101053-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92421-
dc.description.abstractKabupaten Lumajang memiliki banyak produk makanan baik itu yang diolah maupun tanpa melakukan proses pengolahan. Karena banyaknya produk yang dihasilkan, untuk menentukan produk yang diprioritaskan sebagai produk unggulan atau produk khas di Kabupaten Lumajang masih memerlukan perhitungan yang tepat. Permasalahan tersebut diperlukan sistem informasi penjualan produk unggulan Kabupaten Lumajang dengan fitur pemilihan produk unggulan menggunakan metode Weighted Product (WP). Sistem dibangun untuk mempermudah pedagang dan pembeli dalam penjualan dan pembelian makanan ringan unggulan serta dalam menghitung produk yang unggulan. Metode WP merupakan metode yang menggunakan perkalian guna menghubungkan rating atribut, dimana rating setiap atribut harus dipangkatkan dahulu dengan bobot atribut yang bersangkutan, menentukan kriteria yang akan digunakan, kemudian memberi nilai dari setiap kriteria tersebut. Sistem informasi pemilihan produk unggulan dibangun dengan menerapkan SDLC model waterfall. Algoritma Weighted Product ini lebih efisien karena waktu yang dibutuhkan dalam perhitungan lebih singkat. Metode ini dipilih karena dapat menentukan nilai bobot untuk setiap atribut, kemudian dilanjutkan dengan proses perangkingan yang akan menghasilkan pilihan produk makanan ringan unggulan yang sesuai dengan kriteria. Algoritma Weighting Product merupakan algoritma yang dapat digunakan untuk menganalisis atau menghitung produk unggulan menggunakan kriteria yang sesuai untuk menentukan produk unggulan. Kriteria yang digunakan yaitu omset, ketersediaan pasar, daya saing, spesifikasi kekhasan, dan ketersediaan bahan baku. Fitur pemilihan produk unggulan dapat diakses oleh admin dengan menginputkan data produk dan menginputkan nilai kriteria dengan memilih pilihan subkriteria yang ada. Apabila pada kriteria diberikan subkriteria paling tinggi oleh admin maka perangkingan produk akan muncul pada urutan teratas. Sedangkan bila kriteria diberikan subkriteria dengan nilai terendah maka perangkingan produk tersebut berada diurutan paling bawah. Kemudian bila nilai subkriteria diubah, maka urutan dan hasil perhitungan WP juga berubah.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries112410101053;-
dc.subjectAlgoritma Weighted Producten_US
dc.subjectPenjualan Produken_US
dc.subjectUnggulanen_US
dc.titleSistem Informasi Penjualan Produk Unggulan Kabupaten Lumajang dengan Fitur Pemilihan Produk Unggulan Menggunakan Algoritma Weighted Product (WP)en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Computer Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Kiki Amarita - 112410101053_1.pdf8.4 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools