Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/92368
Title: | Aspek Pendidikan Keluarga Dalam Novel Eliana Karya Tere Liye Sebagai Alternatif Materi Apresiasi Sastra di SMA |
Authors: | WIDAYATI, Endang Sri HUSNIAH, Furoidatul DZURROH, Firdia Martha |
Keywords: | Pendidikan Keluarga Novel Eliana |
Issue Date: | 2-Sep-2019 |
Series/Report no.: | 110210402009; |
Abstract: | Pendidikan keluarga adalah pendidikan dasar yang pertama yang di terima oleh seorang anak. Novel Eliana menarik untuk diteliti karena menceritakan peran Ayah dan Ibu dalam mendidik anak-anaknya hingga menjadi anak-anak yang memiliki kepribadian baik. Pengkajian novel Eliana dalam pendidikan keluarga diawali dengan memahami unsur-unsur intrinsik, yakni tema dan tokoh. Berdasarkan pemaparan tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi; (1) Bagaimanakah unsur intrinsik dalam novel Eliana karya Tere Liye meliputi tema dan tokoh? (2) Bagaimanakah aspek pendidikan keluarga yang terkandung dalam novel Eliana karya Tere Liye? (3) Bagaimanakah bentuk pemanfaatan novel Eliana karya Tere Liye sebagai alternatif materi apresiasi sastra di SMA? Jenis dan rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa penggalan peristiwa, kata-kata, dialog, kalimat, dan paragraf dalam novel Eliana karya Tere Liye yang diindikasikan sebagai aspek pendidikan keluarga. Sumber dan data dalam penelitian ini mencakup novel Eliana karya Tere Liye dan silabus SMA kelas XII kurikulum 2013. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Analisis data meliputi: membaca, mereduksi data, penyajian data, prosedur analisis data, penafsiran data, penyusunan materi pembelajaran, serta verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan, (1) Tema yang terdapat dalam novel Eliana adalah sikap disiplin dan penuh tanggung jawab yang ditanamkan Ayah dan Ibu akan membentuk karakter yang baik pada anak. (2) Tokoh utama yang terdapat dalam novel Eiana adalah Eliana. Berdasarkan aspek pendidikan keluarga yang terdapat beberapa aspek pendidikan keluarga yang mencakup dalam pendidikan keluarga. (1)Aspek moral dalam membentuk tingkah laku dan kepribadian anak sangat penting. Segala hal yang ditanamkan oleh seorang Ibu sejak dini akan membentuk kepribadian dan karakter yang baik pada anak sampai anak dewasa. (2) Aspek Sosial dalam pendidikan keluarga memiliki peranan penting untuk membentuk jiwa yang saling gotong royong, peduli dengan sesama. (3) Aspek Kepribadian merupakan hal yang penting untuk membentuk sebuah keluarga yang harmonis. Suasana keluarga yang harmonis membuat anak-anak tumbuh menjadi pribadi yang saling menyayangi dan penuh syukur atas keadaan keluarga. Pemanfaatan hasil kajian penelitian ini dapat dijadikan alternatif materi pembelajaran novel di SMA pada kurikulum 2013 dengan Kompetensi Dasar 3.3 Menganalisis teks novel baik secara lisan maupun tulisan. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan tema yang menggambarkan sikap disiplin dan penuh tanggung jawab yang ditanamkan Ayah dan Ibu akan membentuk karakter yang baik pada ana. Tokoh utama yang terdapat dalam novel Eliana karya Tere Liye adalah Eliana. Aspek pendidikan keluarga yang terdapat dalam novel Eliana mencakup (1) (1) Aspek moral dalam membentuk tingkah laku dan kepribadian anak sangat penting. Segala hal yang ditanamkan oleh seorang Ibu sejak dini akan membentuk kepribadian dan karakter yang baik pada anak sampai anak dewasa. (2) Aspek Sosial dalam pendidikan keluarga memiliki peranan penting untuk membentuk jiwa yang saling gotong royong, peduli dengan sesama. (3) Aspek Kepribadian merupakan hal yang penting untuk membentuk sebuah keluarga yang harmonis. Suasana keluarga yang harmonis membuat anakanak tumbuh menjadi pribadi yang saling menyayangi dan penuh syukur atas keadaan keluarga. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92368 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Firdia Martha Dzurroh - 110210402009_.pdf | 1.52 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools